Berikut Ini 9 Obat Kolesterol yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Berikut Ini 9 Obat Kolesterol yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Cepat

Obat Kolesterol yang Ampuh--freepik.com/freepik

Obat Kolesterol yang ampuh berikutnya adalah ezetimbe. Obat ini bekerja di usus untuk menghentikan tubuh menyerap kolesterol.

Obat penghambat penyerapan kolesterol selektif golongan ini dapat mengurangi kolesterol LDL, tetapi juga dapat mengurangi trigliserida dan meningkatkan kolesterol "baik" HDL. Obat ini juga dapat dikombinasikan dengan statin.

6. Asam nikotinat

Obat Kolesterol yang ampuh selanjutnya adalah asam nikotinat. Asam nikotinat atau niasin adalah vitamin B-kompleks. Kamu bisa mendapatkan jenis obat ini tanpa resep dokter, tetapi beberapa jenis hanya dengan resep dokter. 

Niasin mampu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida serta meningkatkan HDL. Namun, penderita asam urat atau penyakit hati yang parah harus menghindari konsumsi obat kolesterol ini.

7. Asam lemak omega-3 dan asam lemak tak jenuh ganda

Jenis obat yang dapat digunakan untuk menurunkan trigliserida ini juga sering disebut sebagai minyak ikan. Beberapa produk tersedia secara bebas, sementara beberapa lainnya hanya dengan resep dokter.

Namun, pertimbangkan dua hal ini sebelum menggunakannya: minyak ikan dapat mengganggu obat lain, dan beberapa orang alergi terhadap ikan dan kerang.

8. Adenosine triphosphate citric lyase (ACL) inhibitor

Inhibitor ACL bekerja didalam hati untuk memperlambat produksi kolesterol. Obat ini harus dikonsumsi bersama statin, tetapi kamu harus membatasi dosisnya jika mengonsumsinya bersama simvastatin atau pravastatin.

9. Niasin

Jenis vitamin B ini juga dikenal sebagai asam nikotinat. Vitamin ini ditemukan dalam makanan, tetapi juga tersedia dalam obat dalam dosis tinggi seperti yang diresepkan oleh dokter. 

Vitamin ini bekerja dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Namun, penggunaannya dapat memicu efek samping seperti kemerahan, gatal, kesemutan, dan sakit kepala.

BACA JUGA:Inilah 7 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Mudah Kamu Terapkan Sehari-hari

BACA JUGA:Cobalah 6 Resep Rempah Penurun Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi Ampuh dan Efektif Dilakukan Sehari-hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: