Jangan Bingung, Ini Lho Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa yang Efektif, Ayo Buktikan!

Jangan Bingung, Ini Lho Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa yang Efektif, Ayo Buktikan!

Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa yang Efektif-Tangkap layar -Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagaimana cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa? Menghafal cepat bukan suatu yang gampang untuk dilakukan. Tetapi biasanya metode menghafal cepat sangat di butuhkan dalam pendidikan di sekolah.

Walaupun tidak seluruh pelajaran di sekolah wajib dihafal. Karena alih-alih menghafal, siswa juga dihimbau untuk menguasai modul pelajaran.

Keahlian untuk menguasai informasi baru bergantung pada keahlian seorang buat mengingat apa yang kamu pelajari lebih dahulu

Sebagai contoh, modul tabel periodik pada mata pelajaran kimia ialah salah satu modul pendidikan yang butuh diingat memakai cara menghafal cepat.

Lalu gimana metode menghafal cepat serta membantu mengingatnya lebih lama?

1. Memakai jembatan keledai 

Metode jembatan keledai ini sempat dikenalkan oleh Tan Malaka dalan bukunya yang bertajuk 'Madilog'.

Jembatan keledai merupakan metode menghafal cepat memakai sesuatu yang gampang diingat.

Dikutip dari Kompas.com, jembatan keledai juga biasa dikenal dengan metode mnemonic. Triknya adalah dengan mengasosiasikan hal yang mau diingat dengan suatu yang gampang dihafal oleh otak.

Seperti contoh, urutan warna pada pelangi dapat diingat memakai metode jembatan keledai, yaitu mejikuhibiniu yang merupakan singkatan dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, serta ungu.

Contoh yang lain adalah modul tabel periodik pada pelajaran Kimia Kalangan 8A, ialah Gempar Negeri Arab Krena Xenon Radon yang merupakan singkatan dari faktor He, Ne, Ar, Kr, Xe, serta Rn.

2. Membuat peta konsep Membuat peta konsep (mind map) juga bisa digunakan buat menghafal cepat

Apalagi metode ini juga membuat seorang lebih menguasai modul yang dipelajari sehingga bisa mengingatnya lebih lama. Peta konsepatau minp map ini bisa terbuat dengan memetakan konsep yang diajarkan melalui foto yang menyamai tumbuhan

Masing-masing cabang-cabang dalam tumbuhan tersebut diasosiasikan seperti modul yang bersama berkaitan. Sehingga disaat membuatnya seorang butuh menguasai keterkaitan antar konsep tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: