6 Cara SMP Muhammadiyah Pekajangan Membangun Karakter Siswa, No 1 Belajar untuk Sabar

6 Cara SMP Muhammadiyah Pekajangan Membangun Karakter Siswa, No 1 Belajar untuk Sabar

E-absensi adalah salah satu cara SMP Muhammadiyah Pekajangan membangun karakter siswa-Asep-

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Pekajangan Akhmad Rizano sangat faham betul bahwa siswa SMP belum lancar berpidato. 

Namun dengan tujuan melatih keberanian siswa, maka satu per satu siswa harus maju dan memberikan kuliah dhuha.

Boleh membaca teks, boleh panjang maksimal 10 menit dan boleh juga pendek saja. Itu semua terserah siswa. Yang penting siswa berani maju dulu dan berani berbicara walaupun singkat. Lama kelamaan akan lancar juga.

3. Shalat Wajib Berjamaah

Untuk yang ke-3 ini siswa wajib untuk berjamaah dalam shalat dzuhur dan ashar. Pembiasaan shalat wajib perlu dilakukan sejak dini. 

Untuk shalat berajamah, mereka memulainya dari belajar tata cara berwudhu, mengetahui tata cara dan bacaan dalam shalat wajib dll. 

Ketika dibiasakan di sekolah,  harapannya di rumah juga akan terbiasa untuk shalat. Kalau di sekolah hanya shalat dzuhur dan ashar  maka di rumah tinggal melaksanakan shalat magrib, isya dan shubuh.

4. Menjadi Muadzin Sebelum Shalat Wajib

Menjadi muadzin bukan hal sepele. Perlu hafal bacaan adzan dan konsentrasi saat mengumandangkannya. Tidak sedikit yang sudah hafal bacaan adzan malah keliru membacakan karena tidak fokus atau grogi.

Di sinilah siswa juga berlatih keberanian dan ketenangan. Tidak cukup hanya berani tapi juga harus tenang. Tapi kalau pun ada kesalahan ketika mengumandangkannya, ya tidak apa-apa. Namanya juga lagi belajar. 

Poinnya adalah siswa belajar berani tampil untuk mengumandangkan adzan.

5. Melengkapi Atribut Seragam Sekolah

Setiap hari seragam siswa berbeda-beda,  kecuali hari Senin dan Selasa mengenakan seragam biru putih, berdasi, memakai sabuk, baju dimasukkan, sepatu hitam dan kaus kaki putih, emblem OSIS di kantong, nama sekolah dan kelas di lengan kanan dan kiri.

Sementara selain hari Senin dan Selasa mengenakan seragam HW (Hizbul Wathan)-- kalau di sekolah lain pramuka. Kemudian mengenakan seragam muslimah, seragam khas sekolah dll.

Mengapa mesti taat dalam memakai seragam dan atributnya? Ini juga siswa belajar untuk disiplin kapan harus seragam A dan kapan mengenakan seragam B. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: