Bunda Literasi Kota Pekalongan Sambangi Bookfair Perpustakaan Unikal

Bunda Literasi Kota Pekalongan Sambangi Bookfair Perpustakaan Unikal

FOTO - Bunda literasi Kota Pekalongan berfoto bersama jajaran petinggi civitas akademika Unikal -FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Dalam rangkain acara Bookfair 2023 yang digelar oleh Perpustakaan Prof DR IR Soekisno Hadikoemoro Unikal. Bunda literasi Kota Pekalongan turut berpartisipasi dla gelaran akbar Unikal dalam rangka meningkatkan minat baca civitas akademika Unikal. Hal ini juga sekaligus kali pertama Bunda literasi Kota Pekalongan sasar perguruan tinggi.

Usai menyasar pelajar jenjang SD dan SMP, Bunda Literasi Kota Pekalongan, Inggit Soraya bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) setempat mencoba mendekatkan literasi kepada mahasiswa perguruan tinggi, Universitas Kota Pekalongan.

“Di penghujung tahun 2023 ini, roadshow bunda literasi mengunjungi universitas, sebelumnya kita sudah keliling ke sekolah sekolah baik SD dan SMP, ini yang belum kita agendakan ke SMA, kebetulan di universitas pekalongan berbarengan dengan kegiatan _book fair_, selain ada pameran buku juga ada talkshow bersama kami,” terangnya, Rabu (29/11/2023) di Universitas Kota Pekalongan.

BACA JUGA:Tingkatkan Minat Literasi, Perpustakaan Unikal Gelar Bookfair 2023

Kegiatan baik ini, diharapkan Inggit mampu mendukung dan memotivasi khususnya bagi mahasiswa untuk mempunyai kebiasaan atau hobi membaca buku. Sebab dalam waktu belakangan ini, kebiasaan membaca buku banyak ditinggalkan karena bersaing dengan kehadiran gadget di era digital.

“Disini kami ingin banyak dari mahasiswa kembali tertarik untuk membaca buku dan berkunjung ke perpustakaan, meskipun sekarang literasi bisa dilakukan lewat genggaman, kami tetap ini mereka tidak begitu saja meninggalkan buku,” tandasnya.

Inggit ingin, kedepan ia bisa berkunjung ke perguruan tinggi lain di Kota Pekalongan, sehingga generasi muda punya wawasan luas, kreatif, menjadi SDM yang handal dan kompeten.

BACA JUGA:Final, Mulok Mitigasi Bencana PAUD Akhirnya Dilaunching

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Unikal Niken Maharani Hayuningtyas SHum bahwa gelaran Bookfair 2023 bertujuan untuk meningkatkan minat baca civitas akademika Unikal, mempromosikan perpustakaan Unikal serta menunjang akreditasi perpustakaan.

"Rangkaian gelaran dari Bookfair 2023 Unikal ini yaitu talk show, donor darah, seminar plagiarisme, roadshow Bunda literasi Kota Pekalongan, seminar social media marketing serta lomba cerdas cermat Pelajar Kota Pekalongan, library award dan lomba kreasi vidio tiktok," ungkap Niken.

Ia berharap, bahwa kegiatan ini bisa membantu segenap civitas akademika Unikal untuk meningkatkan minat baca, karena meningkatkan minat baca bukan hanya tanggung jawab individu namun juga komitmen bersama dengan menciptakan lingkungan yang mendukung.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: