Hujan Lebat, 5 Pohon Tumbang di Jalur Kajen-Kandangserang Kabupaten Pekalongan

Hujan Lebat, 5 Pohon Tumbang di Jalur Kajen-Kandangserang Kabupaten Pekalongan

Relawan BPBD Kabupaten Pekalongan tengah membersihkan pohon tumbang yang menutup akses Kajen-Kandangserang.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Diguyur hujan lebat disertai angin kencang, sedikitnya lima pohon tumbang di sepanjang jalur Kajen menuju Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Senin siang, 4 Desember 2023.

Akibatnya, akses menuju dan dari Kecamatan Kandangserang terputus selama beberapa jam. Akses kendaraan baru normal kembali setelah relawan dari PMI dan BPBD Kabupaten Pekalongan membersihkan pohon-pohon tumbang yang menutup badan jalan dengan chainsaw. 

Imam Rojai, perangkat desa Bojongkoneng, Kecamatan Kandangserang, membenarkan jika ada sekitar lima pohon tumbang di sepanjang jalur Kajen - Kandangserang. Menurutnya, kelima pohon yang tumbang itu masih berada di Desa Tajur, Kecamatan Kandangserang.

"Tadi kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB. Hujan disertai angin turun di sini," terang dia.

Baca juga:Istirahat di Gubuk, Petani di Kabupaten Pekalongan Tewas Tertimpa Pohon Tumbang

Baca lagi:Diguyur Hujan Deras, Pohon Tumbang Tutup Jalur Kajen-Kandangserang

Akibat pohon tumbang, akses lalu lintas menuju dan dari Kecamatan Kandangserang ke Kota Kajen dan sekitarnya di wilayah bawah sempat terganggu selama beberapa jam.

"Saya tadi naik motor masih bisa lewat tepian jalan. Yang mobil tadi sempat sama sekali ndak bisa lewat karena jalan tertutup pohon tumbang," terang dia.

Kelima pohon tumbang itu akhirnya bisa dibersihkan dari jalanan oleh tim relawan BPBD Kabupaten Pekalongan. Diantaranya dari tim PMI Kabupaten Pekalongan.

"Tadi sempat menunggu sekitar dua jam petugas membersihkan satu persatu pohon yang tumbang itu. Alhamdulillah akses jalan sekarang sudah normal," katanya. 

Baca juga:Hujan Deras, Pohon Peneduh Jalan Tumbang di Jalan Raya Kayugeritan

Di musim penghujan, potensi pohon tumbang kerap terjadi di jalur sepanjang Kecamatan Kandangserang, Paninggaran, Lebakbarang dan Petungkriyono. Sebab, keempat wilayah kecamatan ini berada di daerah pegunungan dengan kanan-kiri jalan masih berupa hutan. 

Tak hanya di jalur pegunungan, banyak pohon peneduh jalan di wilayah perkotaan juga rawan tumbang. Diantaranya pohon peneduh jalan di sepanjang ruas Kajen hingga Wonopringgo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: