Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dengan Mudah dan Alami

Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dengan Mudah dan Alami

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak --freepik.com/jcomp

Air hangat bisa menjadi cara mengobati batuk berdahak pertama yang bisa kamu pilih nih. Karena, air hangat mampu mengencerkan dahak yang mengganggu di tenggorokan. 

Selain itu, tenggorokan akan terasa lega dan bernapas pun menjadi lebih mudah. Di sisi lain, air putih juga sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan.

4. Campuran Madu dan Lemon

Cara menghilangkan batuk berdahak selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi campuran madu dan lemon. Siapkan satu sendok perasa lemon, lalu tambahkan juga madu secukupnya.

Kedua bahan ini dapat meredakan batuk berdahak dan radang pada tenggorokan. Khasiatnya akan semakin terasa terutama jika batuk masih ringan.

5. Akar Licorice

Akar licorice atau akar manis juga dapat menjadi salah satu cara mengobati batuk berdahak. Obat herbal ini dapat meredakan sakit tenggorokan dan mengencerkan dahak yang mengganggu.

Pasalnya, akar licorice mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan. Cara penggunaannya, kamu  bisa mencampurkan akar manis ini ke dalam teh atau diseduh dengan air panas.

6. Menghirup Aromaterapi Humidifier

Cara lain untuk menghilangkan batuk berdahak adalah dengan menghirup aroma terapi dari humidifier. Uap hangat ini dapat membantu kamu bernapas lebih lega.

Selain itu, batuk berdahak yang kamu alami juga bisa mereda. Namun, perhatikan kebersihan udara dan humidifier yang kamu gunakan.

Jika kamu sudah mencoba berbagai cara mengobati batuk berdahak di atas, namun batuk tak kunjung sembuh, maka sebaiknya kamu mengunjungi dokter. Pasalnya, ada banyak penyebab batuk.

BACA JUGA:Atasi Batuk Berdahak dengan 5 Jenis Rempah yang Digunakan untuk Mengatasi Batuk yang Mudah Dibuat!

BACA JUGA:Kamu Sedang Batuk? Ini 3 Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan, Lagi Batuk Wajib Baca!

Mungkin kamu memang membutuhkan penanganan khusus, obat khusus, treatment khusus agar batuk berdahak mereda dan sembuh. Dengan begitu, pengobatan lebih optimal dan efektif. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: