Inilah 4 Obat Batuk untuk Ibu Hamil, Aman untuk Ibu dan Janin

Inilah 4 Obat Batuk untuk Ibu Hamil, Aman untuk Ibu dan Janin

Obat Batuk untuk Ibu Hamil--freepik.com/shurkin_son

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jangan memilih sembarang obat untuk ibu hamil! Berikut ini daftar obat batuk untuk ibu hamil dan juga kandungannya yang aman.

Kehamilan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh ibu. Biasanya ibu hamil menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Tidak jarang ibu yang sedang hamil lebih cepat lelah sehingga mudah terserang batuk dan penyakit ringan lainnya.

Ibu yang sedang hamil membutuhkan pengawasan dokter dalam mengkonsumsi segala jenis obat.

Terutama pada trimester pertama kehamilan, ibu harus lebih memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu akan berpengaruh pada janin, termasuk obat-obatan.

Jika usia kandungan ibu belum mencapai 12 minggu, sebaiknya hentikan dulu konsumsi obat, karena 12 minggu pertama yang dilalui ibu merupakan masa penting dalam tahap perkembangan organ tubuh bayi, sehingga bayi akan lebih rentan terhadap efek samping obat.

BACA JUGA:Inilah 11 Rekomendasi Obat Alergi Gatal Terbaik dan Ampuh di Apotek yang Dapat Kamu Coba

BACA JUGA:Inilah 10 Obat Flu Alami, Obat Mujarab Tanpa Efek Samping

Merk Obat Batuk Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil pasti kepikiran saat ingin mengobati batuknya karena takut obat yang dikonsumsi tidak aman untuk janinnya. Namun, ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi obat tertentu yang tentunya juga aman untuk calon bayi.

Berikut ini adalah beberapa pilihan merk obat batuk untuk ibu hamil yang beredar di pasaran yang aman dikonsumsi

1. Dekstrometorfan

Obat ini termasuk dalam golongan supresan sehingga dapat meredakan batuk kering dengan cepat. Dekstrometorfan atau dekstrometorfan juga merupakan obat antitusif sehingga dapat memberikan efek mengantuk.

Dosis yang aman untuk ibu hamil adalah 10-30 miligram yang diminum setiap 4-8 jam. Namun, ibu harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis yang paling tepat. Biasanya, obat batuk yang mengandung dekstrometorfan akan diberi label "DM".

2. Guaifenesin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: