Inilah 4 Obat Batuk untuk Ibu Hamil, Aman untuk Ibu dan Janin

Inilah 4 Obat Batuk untuk Ibu Hamil, Aman untuk Ibu dan Janin

Obat Batuk untuk Ibu Hamil--freepik.com/shurkin_son

Obat guaifenesin tergolong dalam golongan ekspektoran yang umumnya digunakan untuk mengobati penyakit batuk. Obat ini dapat melarutkan dahak dan lendir yang menggumpal di tenggorokan.

Dosis yang bisa digunakan ibu hamil adalah 200-400 miligram per 4 jam, untuk dosis yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, Bunda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan.

3. Bromhexine

Obat ini dapat mengencerkan dahak di saluran pernapasan sehingga lebih mudah dikeluarkan. Bromhexine juga termasuk dalam obat kategori A sehingga memiliki risiko yang kecil terhadap janin.

Jika ibu juga sedang menyusui, sebelum menggunakan obat ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Ikuti anjuran dokter dan petunjuk penggunaan obat pada label kemasan yang diberikan, ingat juga untuk tidak menggunakan obat ini lebih dari 14 hari untuk jangka panjang tanpa pengawasan dokter.

Jangan lanjutkan penggunaan obat ini jika Anda mengalami efek samping alergi dan memiliki riwayat penyakit paru-paru basah. Segera konsultasikan dengan dokter jika terjadi efek samping yang serius setelah mengonsumsi bromhexine.

4. Oxymetazoline

Oxymetazoline merupakan golongan dekongestan yang sering digunakan untuk meredakan gejala batuk atau flu, obat ini juga dapat digunakan untuk ibu hamil.

Meski bisa dikatakan aman, ibu yang ingin mengonsumsi obat ini harus kembali mewaspadai efek samping yang bisa ditimbulkan oleh obat tersebut.

Efek samping yang dimaksud adalah rasa kantuk, pusing atau mual dan tenggorokan kering. Penderita penyakit jantung yang akan mengonsumsi obat ini juga disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jika ini adalah trimester pertama kehamilan ibu, konsumsi obat ini lebih baik dihindari sehingga tidak perlu khawatir akan efek samping obat. Namun pada kondisi tertentu, ibu juga bisa mengonsumsi obat tersebut.

Terutama jika ibu mengalami kondisi yang membutuhkan penanganan khusus, maka ibu bisa segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.

BACA JUGA:12 Obat Sakit Pinggang yang Ampuh, Efektif dan Tersedia di Apotek

BACA JUGA:Kamu Pasti Tidak Menyangka, Obat Tungau Telinga Kucing Ini Sangat Mudah Didapatkan dan Mujarab, Coba Deh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: