1.915 ODGJ di Batang Dapat Pelayanan Kesehatan Jiwa

1.915 ODGJ di Batang Dapat Pelayanan Kesehatan Jiwa

SKRINING - Dinkes Batang saat melakukan skrining Kesehatan jiwa ke masyarakat.-IST-

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dinkes Batang hingga November 2023 sudah memberikan layanan kesehatan kepada 1.915 Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ di Batang. Secara prosentase, sudah ada sekitar 91-92 persen ODGJ di Batang yang sudah mendapatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan jiwa di Batang, dari jumlah sasaran sekitar 2.093. 

Hal ini seperti disampaikan Kepala Dinkes Batang, melalui Kepala Seksi P2PTM dan Keswa, Aditya Rakhmandanu saat diwawancarai, Selasa, 12 Desember 2023. Ia menyebut, secara prosentase pelayanan SPM sendiri meningkat dari tahun lalu, sebanyak 90.61 persen dengan jumlah ODGJ terlayani ada sekitar 1.871 orang. 

"Jadi tiap tahunnya kita punya target sasaran dari data prevalensi gangguang jiwa di Batang, sebanyak 2.093 orang. Jumlah ini bukan jumlah persis ODGJnya ya, sebatas estimasi untuk penetapan sasaran. Sementara hingga November ini yang sudah kita layani ada sekitar 1.915 ODGJ," ujarnya. 

Lebih lanjut, Plt Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Ery Saraswanto menyebut pihaknya tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan jiwa ke ODGJ. Dinkes Batang juga turut membuka pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat untuk kategori Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK). di Batang sendiri untuk pelayann kesehatan jiwa sudah bisa dilayani mulai dari tingkat Puskesmas. Sedangkan untuk perawatan lebih lanjut bisa dirujuk ke RSUD Batang atau Limpung serta RS QIM. 

"Sementara di Batang belum ada pelayanan RS yang melayani rawat inap untuk permasalahan kesehatan jiwa. Sementara hanya ada layanan poli jiwa untuk rawat jalan. Untuk penanganan lebih lanjut biasanya kami hanya bisa merujuk ke RS Junaid di Kota Pekalongan dan RS lainnya," pungkasnya. (nov)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: