Inilah Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Pengapuran Tulang, Wajib Kamu Hindari Agar Tulang Selalu Sehat

Inilah Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Pengapuran Tulang, Wajib Kamu Hindari Agar Tulang Selalu Sehat

Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Pengapuran Tulang--freepik.com/jcomp

5. Beberapa minyak nabati

Minyak yang kaya akan lemak omega-6, yang terdapat pada margarin dan minyak nabati goreng seperti minyak jagung, dapat memperburuk gejala pengapuran tulang jika dikonsumsi secara berlebihan.

Seimbangkan asupan minyak ini dengan makanan kaya omega-3 untuk mengurangi gejala pengapuran tulang.

6. Makanan dengan kandungan garam tinggi

Makanan tinggi garam dapat menjadi faktor risiko penyakit autoimun seperti radang sendi, kemungkinan karena kemampuan garam untuk merangsang sistem kekebalan dan dengan demikian menyebabkan peradangan.

7. Makanan dengan kandungan lemak tinggi (produk akhir dengan peningkatan glikasi)

Senyawa ini terbentuk sebagai hasil reaksi antara gula dan protein atau lemak dan biasanya terdapat pada produk hewani dengan kandungan protein dan lemak yang tinggi, terutama jika dimasak pada suhu tinggi.

AGES dapat memicu nyeri rematik, menyebabkan stres oksidatif dan peradangan.

8. Anggur merah dan minuman beralkohol lainnya

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan manfaat kesehatan dari antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah, secara umum, konsumsi alkohol berdampak negatif pada gejala radang sendi dan berpotensi meningkatkan risiko kalsifikasi dan jenis radang sendi lainnya.

9. Minuman manis dengan kadar gula tinggi

Minum minuman manis dengan kandungan gula tinggi, seperti minuman berkarbonasi, dapat meningkatkan risiko pengapuran tulang secara signifikan, karena kelebihan gula menyebabkan peradangan dan obesitas.

Minuman bergula yang berlebihan juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh menyerap kalsium, yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

10. Kopi

Meski kopi dipercaya mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, kandungan kafein yang berlebihan dapat berdampak negatif pada gejala pengapuran tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: