Hujan Deras Disertai Angin, Pohon Peneduh Jalan Bertumbangan di 4 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan

Hujan Deras Disertai Angin, Pohon Peneduh Jalan Bertumbangan di 4 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan

Petugas BPBD Kabupaten Pekalongan membersihkan pohon yang tumbang dan menutup jalan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Hujan lebat disertai angin kencang mengguyur wilayah Kabupaten Pekalongan, Senin, 25 Desember 2023. Akibatnya, pohon peneduh jalan bertumbangan di empat kecamatan di Kota Santri bertepatan dengan perayaan Natal 2023.

Sugi (30), warga Desa Kayugeritan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, mengaku terjebak macet cukup panjang akibat pohon peneduh jalan tumbang menutup badan jalan di Jalan Raya Wonopringgo, tepatnya di Desa Jetakkidul. 

Angkot yang ia naiki bersama anggota keluarganya tak bisa meneruskan perjalanan akibat pohon tumbang menutupi badan jalan.

Setelah warga turun dan bergotong-royong membersihkan dahan-dahan pohon yang menutup badan jalan, arus kendaraan mulai terurai.

Baca juga:Hujan Lebat, 5 Pohon Tumbang di Jalur Kajen-Kandangserang Kabupaten Pekalongan

"Tak lama, petugas BPBD datang untuk membersihkan pohon yang tumbang itu," kata dia.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo, menerangkan, BPBD Kabupaten Pekalongan mendata ada sejumlah pohon di tepi jalan tumbang berada di beberapa titik di empat kecamatan. 

Pohon peneduh jalan dilaporkan tumbang terjadi di Kecamatan Kajen, Kecamatan Kesesi, Kecamatan Wonopringgo, dan Kecamatan Kedungwuni. Menurutnya, adanya pohon tumbang ini disebabkan karena hujan deras yang disertai angin kencang di Kabupaten Pekalongan.

"Hujan itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, akibat pohon tumbang tersebut menyebabkan lalu lintas terganggu karena jalan tertutup pohon," ujarnya.

Baca lagi:Istirahat di Gubuk, Petani di Kabupaten Pekalongan Tewas Tertimpa Pohon Tumbang

Lokasi pohon tumbang berada di Jalan Raya Rowolaku, Kecamatan Kajen, Jalan Watugajah dan Jalan Raya Kaibahan, Kecamatan Kesesi, lalu di Dukuh Watubelah, Kelurahan Kajen, Kecamatan Kajen.

Selanjutnya, Jalan Raya Jetakkidul, Kecamatan Wonopringgo, dan Jalan Raya Langkap, Kecamatan Kedungwuni.

"Alhamdulillah, tim gabungan bersama warga masyarakat melakukan gotong royong membersihkan pohon tumbang yang menutup jalan," kata dia.

"Alhamdulillah sore ini semua pohon tumbang berhasil dibersihkan dan arus lalu lintas kembali normal," lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: