4 Pintu Setan dalam Menggoda Manusia, Salah Satunya Banyak Makan

4 Pintu Setan dalam Menggoda Manusia, Salah Satunya Banyak Makan

Ilustrasi banyak makan. -Tangkapan layar freepik.com-

"Semoga ibumu kehilanganmu! (Kalimat ini maksudnya adalah untuk memperhatikan ucapan selanjutnya). Tidaklah manusia tersungkur di neraka di atas wajah atau di atas hidung mereka melainkan dengan sebab lisan mereka." (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973).

3. Banyak makan

Dari Al-Miqdam bin Ma’dikarib radhiyallahu anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 

"Tidak ada tempat yang lebih jelek daripada memenuhi perut keturunan Adam. Cukup keturunan Adam mengonsumsi yang dapat menegakkan tulangnya. Kalau memang menjadi suatu keharusan untuk diisi, maka sepertiga untuk makannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk nafasnya." (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah).

Baca lagi:Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Pahala Dilipatgandakan

Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan, "Manfaat dari sedikit makan bagi baiknya hati adalah hati akan semakin lembut, pemahaman semakin mantap, jiwa semakin tenang, hawa nafsu jelek tertahan, dan marah semakin terkendali. Hal ini berbeda dengan kondisi seseorang yang banyak makan.".

4. Banyak bergaul

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi  wa sallam bersabda,

"Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian." (HR. Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad).

Baca juga:Rumah Yang Disukai Setan Menurut Islam, Jauhi Hal-hal Berikut Ini Agar Ada Keberkahan di Rumah

Ibnul Qayyim, mengatakan, dosa-dosa berasal dari empat pintu setan, pandangan yang tidak dijaga akan mengantarkan pada perbuatan zina dan perselingkuhan.

Banyak bicara akan mengantarkan pada suka memfitnah dan menghibah.

Banyak makan berarti mengurus perut akan mengantarkan orang pada memakan harta haram, yang penting harta diperoleh dengan cara apa pun walaupun dengan cara menzalimi orang lain, melakukan gharar (pengelabuan), hingga memakan riba.

Salah bergaul berakibat mendapatkan lingkungan yang jelek, akhirnya menjadi pecandu narkoba dan minuman keras.

Baca lagi:Masih Makan dan Minum dengan Tangan Kiri, Mau Disamakan dengan Setan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: