Stok Darah di PMI Kabupaten Pekalongan Menipis, Warga Dihimbau untuk Aktif Donor Darah

Stok Darah di PMI Kabupaten Pekalongan Menipis, Warga Dihimbau untuk Aktif Donor Darah

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Stok darah yang tersedia di Gedung PMI Kabupaten Pekalongan menipis hal ini diutarakan oleh Kepala UDD PMI Kabupaten Pekalongan Suryadi, Ketika ditemui di kantor UDD PMI Kab. Pekalongan.

“Stok darah di PMI pada tahun baru ini agak menipis dikarenakan kebutuhan di Rumah Sakit Meningkat”. Bahkan pihaknya menyatakan bahwa di bulan Desember lalu sudah melakukan konsolidasi dengan UDD PMI di daerah lain, seperti Kab. Batang, Kab. Purbalingga, dan Kab. Banjarnegara.

“Pada tahun baru ini kegiatan mobile unit PMI berkurang, akan tetapi pada prinsipnya masyarakat harus pro-aktif dalam menggalang donor darah. Akan tetapi perolehan darah belum begitu maksimal karena terkendala cuaca atau kondisi hujan” Ungkap Suyadi.

Walaupun PMI sudah melakukan berbagai upaya seperti melaksanakan mobile unit donor darah di pagi hari agar menghindari potensi terjadinya hujan akan tetapi masih belum maksimal dalam perolehan, Sambungnya.

Suryadi berharap untuk kedepan UDD PMI Kab. Pekalongan akan mengusahakan untuk memenuhi stok darah bagi rumah sakit atau perorangan yang membutuhkan, serta pihaknya akan meningkatkan kualitas pelayanan.

PMI Kab. Pekalongan sendiri pada tahun 2024 akan melakukan akreditasiberkaitan dengan layanan Unit Donor Darah sesuai dengan permenkes bahwa Unit Donor Darah harus melakukan akreditasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: