113 Sekolah di Batang Belum Memiliki Kepala Sekolah

113 Sekolah di Batang Belum Memiliki Kepala Sekolah

Plt Kepala Disdikbud Batang, Bambang Surayntoro Sudibyo-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

*Sementara dijabat Plt

BATANG, RADAPEKALONGAN.DISWAY.ID - Per Januari 2024 ini, sekitar 113 sekolah di Batang belum memiliki kepala sekolah, baik di jenjang TK hingga SMP. Kekosongan jabatan itupun sementara dijabat oleh pelaksana tugas (Plt). 

Hal ini dibenarkan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atu Disdikbud Kabupaten Batang Bambang Suryantoro. Ia menyebut hal ini terjadi lantaran panjangnya alur birokrasi. Selain itu turut dipengaruhi oleh gelombang pensiun dari para pendidik di Kabupaten Batang. 

"Kenapa masih Plt, kejadiannya itu sama seperti saya (Plt Kepala Disdikbud). Karena Bupati kita itu Pj, alurnya pengajuannya panjang harus melalui Pemerintah Pusat terlebih dahulu," ujar Bambang saat diwawancarai Radar Pekalongan, Rabu 3 Januari 2024. 

Ia menambahkan, proses pengajuan pengisian jabatan definitif harus melalui Kemendagri, Kemenpan-RB, hingga BKN. Karena prosesnya panjang, waktu pengajuan pengisian jabatan itu juga sangat lama. Dari data Disdikbud Batang ada 113 jabatan kepala sekolah diisi oleh Plt. Rinciannya, sekitar 102 SD, 5 TK, dan 6 SMP.

Seperti diketahui jumlah SD di Kabupaten Batang mencapai 453 sekolah, kemudian SMP 76 sekolah. Jika dihitung dari jumlah SD, sekitar 25 persen mengalami kekosongan jabatan kepala sekolah. 

"Karena yang kosong banyak, mau tidak mau harus Plt. Kita sudah berproses mengusulkan pengisian jabatan kepala sekolah definitif," tegasnya.

Meski dijabat Plt, Ia berharap hal tersebut tak berpengaruh dengan kinerja. Penyelenggaraan pendidikan tetap berjalan lancar tanpa ada hambatan, tidak berbeda dengan sekolah yang dijabat Kepala Sekolah definitif. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: