Bagaimana Cara agar Laptop Awet? Perhatikan Hal-Hal Berikut ketika Memilih Laptop Supaya Tahan Lama

Bagaimana Cara agar Laptop Awet? Perhatikan Hal-Hal Berikut ketika Memilih Laptop Supaya Tahan Lama

Bagaimana Cara Agar Laptop Awet? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ketika Memilih Laptop Supaya Tahan Lama-freepik.com-

Utamanya, dalam memilih laptop untuk keperluan mobilitas tinggi memerlukan daya tahan baterai sekitar 7 -8 jam dengan penggunaan maksimal.

Berbeda hal dengan laptop yang akan digunakan untuk keperluan gaming atau desain grafis yang umumnya diletakkan di meja dan dekat dengan stopkontak. Sehingga tidak perlu khawatir apabila kehabisan baterai.

Cara untuk mengetahui daya tahan baterai adalah dengan melihat peringkat baterai dalam Watt-jam (Wh) atau milliamp-jam (mAh). Semakin besar angkanya maka semakin lama daya tahan baterainya.

Secara ideal peringkat baterai dari 44 Wh hingga 50 Wh memiliki daya tahan baterai yang baik.

Selain itu, kini beberapa laptop keluaran terbaru sudah memiliki fitur canggih dalam kecepatan pengecasan. Hal ini sangat baik untuk situasi darurat.

4. SSD dan HDD

Storage drive sangatlah penting diperhatikan karena mempengaruhi performa dan penyimpanan.

Hard Disk Drive digunakan untuk media penyimpanan di laptop. HDD memiliki kecapatan baca atau tulis 0,1 hingga 1,7 MBps.

Sementara harga Solid State Drive cenderung mahal sehingga apabila tidak membutuhkan banyak penyimpanan internal maka SSD adalah pilihan yang tepat. Karena secara keseluruhan menawarkan kecepatan lebih besar yaitu 50 hingga 250 MBps.

5. Jumlah port

Mempertimbangkan jumlah port dalam memilih laptop adalah hal yang penting.Idealnya terdapat  1 USB-C dan USB-A  serta jack mikrofon atau headset.

Saat ini laptop pada umumnya memiliki satu port USB 3.0, karena port ini yang sering dipakai dalam laptop. Sehingga pertiimbangkan kembali apabila menjumpai port di bawahnya. 

Karena hal ini sangat mempengaruhi efisiensi  kecepatan transfer data.

6. Kualitas Keyboard dan Touchpad  

Dalam memilih laptop, sesuaikan antara tipe keyboard dan touchpad dengan produktivitas penggunaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.gramedia.com/best-seller/tips-memilih-laptop/