Bagaimana Cara agar Laptop Awet? Perhatikan Hal-Hal Berikut ketika Memilih Laptop Supaya Tahan Lama

Bagaimana Cara agar Laptop Awet? Perhatikan Hal-Hal Berikut ketika Memilih Laptop Supaya Tahan Lama

Bagaimana Cara Agar Laptop Awet? Perhatikan Hal-Hal Berikut Ketika Memilih Laptop Supaya Tahan Lama-freepik.com-

Namun hal yang penting untuk diperhatikan adalah pilihlah sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Sistem operasi Windows umumnya menjadi sistem operasi yang marak digunakan karena sifatnya yang fleksibel untuk dioperasikan operasinya di berbagai tipe laptop.

Tipe laptop yang memiliki kecocokan dengan Windows cenderung memiliki harga yang terjangkau yaitu di bawah Rp10 jutaan.

Berbeda dengan sistem operasi Mac OS yang bersifat terbatas, yaitu memadai untuk produk Apple. Secara fungsi, Mac OS juga menjalankan fungsi sebagaimana pada Windows. Bedanya terletak pada tampilan antarmuka kedua sistem operasi tersebut.

Secara harga, tipe laptop yang cocok dengan sistem operasi Mac OS cenderung mahal yaitu kisaran diatas Rp10 jutaan.

Sementara itu, terdapat sistem operasi terbaru yaitu Microsoft yang dapat dijalankan untuk mode tablet. Untuk deretan laptop yang murah biasanya juga menggunakan sistem operasi Chrome OS yang umumnya dapat dijalankan untuk mode online. Sehingga sistem operasi ini lebih terbatas dibanding Mac OS dan Windows.

2. Kapasitas memori RAM

RAM merupakan fitur penyimpanan sementara dari program  maupun data yang sedang dijalankan. Apabila RAM memiliki kapasitas kecil, maka akan sulit untuk membuka dan menjalankan program.

Sehingga laptop akan ngelag dan memerlukan restart. Pada umumnya, laptop sekarang mempunyai kapasitas RAM 8GB sudah cukup untuk melakukan tugas-tugas rutin yang tidak terlalu berat.

Namun untuk keperluan gaming dan desain grafis, minimal RAM yang dibutuhkan 8GB atau diatasnya agar dalam menjalankan program lebih lancar.

BACA JUGA:Laptop Lemot? Mungkin karena RAM Kecil, Berikut 5 Rekomendasi Laptop Acer RAM 8GB Terbaik di Tahun 2023

BACA JUGA:Minim Budget? Inilah Rekomendasi Laptop Murah Meriah Tahun 2024, Harga Cuma 1 Jutaan

Jika pengguna tidak menyesuaikan kapasitas RAM dengan kebutuhannya tentu sangat mudah membuat laptop cepat rusak. Sehingga untuk menjaga agar laptop awet adalah dengan menyesuaikan kapasitas RAM dengan kebutuhan.

3. Kapasitas baterai

Memilih laptop dengan mencocokan kapasitas baterai dengan keperluan sangatlah penting. Karena baterai adalah komponen penting pada laptop sehingga harus dijaga keawetannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.gramedia.com/best-seller/tips-memilih-laptop/