Ngga Hanya Jadi Olahraga Atletik, Ternyata Bulu Tangkis Bisa Atasi Kolesterol Tinggi dan Cegah Obesitas

Ngga Hanya Jadi Olahraga Atletik, Ternyata Bulu Tangkis Bisa Atasi Kolesterol Tinggi dan Cegah Obesitas

Ilustrasi manfaat bulu tangkis bagi kesehatan.-Freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Mungkin masih belum banyak yang mengetahui ternyata bulu tangkis bisa atasi kolesterol tinggi dan punya manfaat lain yang bagus untuk tubuh.

Siapa yang tak kenal cabang olahraga bulu tangkis? Sering menjadi kebanggaan yang membawa nama Indonesia ke ranah internasional. Sehingga tak sedikit masyarakat Indonesia yang suka dan hobi dengan olahraga bulu tangkis.

Dan ternyata ada banyak manfaat yang bisa didaptkan saat mulai menggeluti olahraga bulu tangkis. 

Bulu Tangkis untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Dikutip dari yankes.kemkes.go.id tentang sebuah penelitian di Taiwan yang membagi penduduknya dengan rentan usia 30 - 70 tahun menjadi tiga kelompok berdasarkan jenis olahraga yang dijalani. 

BACA JUGA:Miliki Tubuh Ramping dengan Melakukan Olahraga Bulu Tangkis untuk Turunkan Berat Badan, Begini 3 Tekniknya

BACA JUGA:Sedang Diet? Ayo Bakar Kalori dengan Olahraga Bulu Tangkis, Dijamin Berat Badanmu Turun

Kelompok pertama adalah orang yang tidak berolahraga, kelompok kedua rutin melakukan jenis olahraga aerobik, dan kelompok ketiga adalah orang yang rutin melakukan olahraga bulu tangkis.

Dan setelah dilakukan pemeriksaan kadar kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dalam tubuh, kelompok yang rutin melakukan olahraga bulu tangkis memiliki kadar kolesterol baik paling tinggi. 

Fungsi dari HDL atau kolesterol baik sendiri adalah mampu mengikat kadar kolesterol jahat yang tidak baik bagii tubuh. Sehingga mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam pembuluh darah dan jaringan tubuh.

Selain itu pada kolesterol baik juga terdapat antioksidan yang akan menjaga kesehatan dan kelancaran kinjera pembulu darah.

BACA JUGA:Apakah Bulu Tangkis Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya Berikut Ini, Cocok untuk Program Diet

BACA JUGA:Jangan Lewatkan! Berikut Ini Rekomendasi 5 Olahraga untuk Penderita Obesitas dengan Kadar Kolesterol Tinggi

Jadi tubuh kita tetap membutuhkan jenis kolesterol baik, dan yang perlu dihindari dan dikurangi adalah kadar kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein). Kolesterol jahat seringkali menjadi pemicu utama timbulnya masalah kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: