Awas! Ini 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Membaca, Buat Mata Tetap Sehat Meski Hobi Baca

Awas! Ini 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Membaca, Buat Mata Tetap Sehat Meski Hobi Baca

Awas! Ini 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Membaca, Buat Mata Tetap Sehat Meski Hobi Baca--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Kamu perlu mengingat untuk selalu menjauhkan diri dari kebiasaan yang harus dihindari saat membaca,  agar tidak mengorbankan kesehatanmu demi mendapatkan manfaat dari aktivitas ini.

Bukan hal yang aneh ketika seseorang sangat gemar untuk membaca. Karena pada kenyataannya, banyak manfaat membaca buku yang sangat menguntungkan.

Mulai dari sebagai hiburan untuk menyegarkan pikiran, mengatasi emosi negatif, hingga menambah pengetahuan dan mengembangkan mindset.

Membaca buku jelas dipandang sebagai aktivitas yang sangat baik dan bermanfaat.

Akan tetapi, di sisi lain terdapat dampak buruk dari membaca buku untuk kesehatan fisikmu, terutama mata, jika kamu abai dengan beberapa kebiasaan yang harus dihindari saat membaca.

Untuk memaksimalkan manfaat membaca buku dan menekan kerugian dari aktivitas ini, yuk, simak beberapa kebiasaan yang harus dihindari saat membaca buku berikut ini!

BACA JUGA Kabar Gembira! Ini 5 Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan Mental, Jaga Dirimu Tetap Bahagia

Membaca dengan Pencahayaan Terbatas

Membaca di ruangan atau tempat yang memiliki pencahayaan cukup akan membuat matamu semakin santai. Hal ini karena objek baca yang kamu miliki bisa terlihat lebih jelas, sehingga kamu tidak perlu membuat matamu bekerja lebih keras dalam aktivitas ini.

Sebaliknya, membaca di ruangan yang remang-remang atau dengan pencahayaan terbatas, akan membuat matamu lebih cepat lelah. Inilah mengapa membaca di tempat redup menjadi salah satu kebiasaan yang harus dihindari saat membaca buku.

Matamu diharuskan untuk bekerja dengan lebih aktif untuk bisa menangkap objek baca. Jika kamu terus melanggengkan kebiasaan ini, maka tidak menutup kemungkinan bahwa matamu akan mengalami kerusakan.

Membaca dengan Jarak yang Terlalu Dekat

Menjaga jarak antara mata dengan objek baca sehingga berada di kondisi ideal merupakan hal yang harus kamu lakukan dalam aktivitas bermanfaat yang satu ini.

Bisa jadi kamu berniat untuk meningkatkan konsentrasimu dengan membaca dengan jarak yang lebih dekat. Akan tetapi, ternyata ini merupakan pilihan yang buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: