Awas! Ini 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Membaca, Buat Mata Tetap Sehat Meski Hobi Baca

Awas! Ini 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Membaca, Buat Mata Tetap Sehat Meski Hobi Baca

Awas! Ini 5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Saat Membaca, Buat Mata Tetap Sehat Meski Hobi Baca--Freepik.com

Membaca dengan jarak terlalu dekat merupakan kebiasaan yang harus dihindari saat membaca buku karena cenderung membuat matamu cepat lelah dan bahkan perih.

Oleh karenanya, selalu pastikan bahwa jarak antara mata dan objek baca tidaklah terlalu dekat. Jarak yang ideal adalah sekitar 25 sampai 30 sentimeter.

Membaca dengan Posisi Tiduran atau Berbaring

Kamu mungkin berpikir bahwa membaca dengan posisi tiduran akan memberikanmu kenyamanan yang lebih besar, tubuhmu menjadi lebih rileks, dan bahkan membantumu untuk tertidur dengan lebih cepat.

Akan tetapi, ternyata ini merupakan salah satu kebiasaan yang harus kamu hindari saat membaca. Sebab, dalam posisi ini, peredaran darahmu tidak bisa bergerak dengan lancar. 

Selain itu, matamu akan cenderung lebih mudah letih dan bisa membawa dampak buruk jangka panjang, yakni menurunnya tingkat ketajaman mata.

Membaca Tulisan yang Terlalu Kecil

Menikmati ukuran tulisan yang terlalu kecil akan membuat matamu bekerja lebih ekstra. Sebagaimana kebiasaan yang harus dihindari saat membaca lainnya, ini juga akan membuat mata lebih mudah lelah.

Ini akan membawa dampak buruk bagi kualitas matamu ke depannya.

BACA JUGA Siapa Sangka? Ahli Beberkan 5 Manfaat Membaca Novel Fiksi

Membaca di Kendaraan

Berada di perjalanan selama berjam-jam bisa jadi merupakan kegiatan yang amat membosankan untukmu. Oleh karenanya, merupakan hal yang wajar jika kamu ingin mengisi waktu dengan membaca.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ini adalah salah satu kebiasaan yang harus dihindari saat membaca buku? Alasannya adalah karena membaca buku di dalam kendaraan bisa membuatmu mual dan pusing.

Hal tersebut terjadi karena pandangan dan kondisi tubuhmu tidak sinkron. Kamu kemudian akan memaksa mata untuk fokus pada satu tempat, sementara kendaraan membuat tubuhmu bergerak tidak menentu.

Itulah beberapa kebiasaan yang harus dihindari saat membaca buku. Pastikan kamu mengingatnya, ya! (")

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: