Punya Teman Introver? Ini 5 Tips Ngobrol Sama Introver Biar Nggak Canggung, Bangun Percakapan yang Seru!

Punya Teman Introver? Ini 5 Tips Ngobrol Sama Introver Biar Nggak Canggung, Bangun Percakapan yang Seru!

Punya Teman Introver? Ini 5 Tips Ngobrol Sama Introver Biar Nggak Canggung, Bangun Percakapan yang Seru!--Freepik.com

Baik sengaja maupun tidak, seorang introver cenderung akan menggunakan bahasa tubuh guna mengekspresikan hal-hal yang kesulitan mereka ungkapkan.

Oleh karenanya, penting bagimu untuk memperhatikan bahasa tubuh mereka dan menanggapinya dengan benar, itulah cara ngobrol sama introver biar tidak canggung.

Jika mereka terlihat tegang, cobalah untuk menenangkan mereka. Jika mereka tampak terbuka dan ingin berbicara, berikan waktu dan ruang untuk mereka.

Jika mereka merasa tidak nyaman, maka berusahalah untuk mencairkan suasana dengan mengubah topik obrolan ke sebuah pembahasan yang menarik untuk mereka dengarkan dan bicarakan.

Beri Pertanyaan Terbuka

Jangan menciptakan percakapan dengan pertanyaan yang memiliki jawaban tertutup. Sebab, jika kamu mengajukan pertanyaan demikian, maka kemungkinan besar percakapan tidak akan berlanjut menjadi sesuatu yang panjang.

Pastikan kamu mengajukan pertanyaan terbuka yang mengarah pada topik yang menarik bagi introvert. Pertanyaan terbuka akan memberi mereka kesempatan untuk membuka diri dan berbicara lebih banyak.

Mengajukan pertanyaan terbuka merupakan salah satu bagian dari cara ngobrol sama introver biar tidak canggung, karena itu akan membantumu untuk membuka obrolan bersama menjadi lebih mudah, pertanyaan yang menarik minat mereka, bisa saja menjadi sebuah bahan pembicaraan yang menarik untuk mereka bawakan denganmu nantinya.

BACA JUGA 4 Buku Self-Improvement untuk Menuntaskan Masalah Komunikasi, Dijamin Jadi Jago Bicara!

Jangan Melewati Batas Privasi Mereka

Bagi introver, ruang pribadi sangatlah penting. Oleh karenanya, jika kamu ingin ngobrol sama introver biar tidak canggung, maka pastikan kamu menghargai ruang pribadi mereka dan jangan memaksa mereka untuk terus berbicara. Beri mereka waktu untuk sendiri dan jangan terlalu memaksa ketika mereka tidak ingin berbicara.

Menghargai ruang pribadi mereka, untuk tidak terlalu memaksa mereka berbicara, biarkan mereka bicara dengan perasaan yang bahagia tanpa adanya paksaan dari orang lain.

Memang, ngobrol sama introver biar tidak canggung bisa menjadi suatu hal yang sulit, terlebih jika dia merupakan orang yang baru kamu kenal.

Namun, percayalah bahwa kamu bisa melakukannya, salah satunya dengan mempraktikkan kiat-kiat di atas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: