Dijamin Punya Banyak Teman! Ini 6 Tips Komunikasi Efektif Agar Disukai Oleh Lawan Bicaramu

Dijamin Punya Banyak Teman! Ini 6 Tips Komunikasi Efektif Agar Disukai Oleh Lawan Bicaramu

Dijamin Punya Banyak Teman! Ini 6 Tips Komunikasi Efektif Agar Disukai Oleh Lawan Bicaramu--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Membangun komunikasi terkadang tidaklah mudah, terlebih dengan orang baru. Itulah mengapa penting bagi seseorang untuk memahami dan mempraktikkan tips komunikasi efektif agar disukai oleh lawan bicara dan memiliki banyak teman.

Komunikasi nyatanya merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika hendak menjalin interaksi sosial. Baik secara langsung atau melalui media perantara seperti media sosial, penting bagi seseorang untuk membangun komunikasi efektif.

Makna komunikasi efektif ini merujuk pada proses komunikasi yang tepat sasaran dan tidak menciptakan kesalahpahaman.

Lantas, bagaimana membangun komunikasi yang baik sehingga terbangun hubungan sosial yang baik pula?

Berikut ini akan disajikan beberapa tips komunikasi efektif agar disukai oleh lawan bicara, sehingga lebih mudah bagimu untuk memiliki teman. Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA 4 Buku Self-Improvement untuk Menuntaskan Masalah Komunikasi, Dijamin Jadi Jago Bicara!

1. Fokus pada Lawan Bicara

Jadikan lawan bicaramu sebagai fokus dalam pembicaraan, itulah tahap pertama untuk melakukan komunikasi efektif agar disukai oleh lawan bicara. Terlebih, berbicara tanpa benar-benar fokus dengan lawan bicara merupakan tindakan yang tidak sopan.

Maka, ingatlah untuk membuat lawan bicaramu merasa didengar dan jangan sepelekan apa yang dia ucapkan. Biarkan orang yang ajak berbicara mengungkapkan kalimatnya hingga tuntas, baru kamu dapat berbicara setelahnya.

Ingat, jangan potong pembicaraan lawan bicaramu!

2. Lakukan Kontak Mata

Menjatuhkan pandangan mata kepada lawan bicaramu merupakan salah satu tips komunikasi efektif agar disukai lawan bicara. Sebab, kontak mata membuat pesan yang akan disampaikan lebih mudah diterima.

Kontak mata yang kamu buat dengan lawan bicara akan membuat audiens atau lawan bicaramu lebih tertarik mendengarkan apa yang kamu bicarakan. Mereka merasakan kedekatan, di mana topik tersebut memang disampaikan secara khusus untuk mereka.

3. Menjaga Sikap Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: