Gelaran Festival Durian Kabupaten Pekalongan, Disambut Antusias Para Petani Durian Lokal

Gelaran Festival Durian Kabupaten Pekalongan, Disambut Antusias Para Petani Durian Lokal

Antusias- Antusias masyarakat berburu durian di Festival Durian kabupaten Pekalongan.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Gelaran festival durian yang diselenggarakan pihak pemerintah Kabupaten Pekalongan tidak hanya di sambut antusias masyarakat sekitar saja, namun juga para petani durian yang ikut memeriahkan acara yang berlangsung di Alun - alun Kajen, Minggu (14/1/2024).

Menjadi agenda rutin tiap tahunnya, festival durian kabupaten Pekalongan 2024 ini  dimeriahkan dengan ragam kegiatan. Mulai dari gunungan durian, lomba durian unggul, panggung hiburan bahkan juga ikut menggandeng puluhan UMKM hingga petani durian.

Salah satu petani durian lokal asal Lemahabang, Doro, Kabupaten Pekalongan, Bagus mengatakan menyambut antusias kegiatan festival durian kali ini. Bahkan tak hanya itu dia mengaku meraub berkah dengan hadir membuka stand bazar disana.

"Tadi yang saya bawa tidak banyak, namun durian kualitas dan pilihan semua yang saya hadirkan disini. Tidak cukup satu jam tadi langsung ludes diserbu masyarakat," kata Bagus, ditemui di lokasi stand durian festival durian kabupaten Pekalongan.

Ia mengaku, menyambut antusias kegiatan tersebut karena bisa membantu para petani UMKM di Kabupaten Pekalongan.

"Tentu bagi kami para petani durian kegiatan seperti ini sangat membantu, apalagi di fasilitasi secara gratis tentu membantu perekonomian kami disini," jelasnya.

BACA JUGA:Festival Durian Doro Dibuka Dengan Kontes Durian Lokal

BACA JUGA:Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Buka Festival Durian Doro

Bahkan dia mengaku, dibandingkan tahun sebelumnya, untuk panen durian melimpah tahun ini. Begitu pula untuk penjualan juga lebih ramai. 

Hal senada, diakui petani durian lain Faiz yang mengaku menyambut antusias setiap tahun gelaran festival durian ini.

"Sudah ditunggu setiap tahun, disini bisa jadi ajang buat kami para petani menjual durian kualitas kepada pecinta durian lokal," katanya.

"Masyarakat juga luar biasa ramai, banyak juga yang tadi mampir disini," imbuhnya.

Rata- rata durian yang dijual selama gelaran festival durian tersebut terbilang bervariatif dari yang murah hingga mahal. Untuk kualitas durian lokal saja dibanderol mulai Rp30 ribuan/butir dan ada juga ratusan ribu tergantung jenis dan besarnya ukuran. (Ap3)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: