Jelang Pemilu 2024, Polres Pekalongan Gelar Apel Satkampling

Jelang Pemilu 2024, Polres Pekalongan Gelar Apel Satkampling

Polres Pekalongan gelar apel satkampling di halaman mapolres setempat, Senin, 15 Januari 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jelang Pemilu 2024, Polres Pekalongan gelar Apel Satkampling Tahun 2024 di hamalan mapolres setempat, Senin, 15 Januari 2024. Apel dipimpin Waka Polres Pekalongan Kompol Kholid Mawardi.

Waka Polres Pekalongan Kompol Kholid, mengatakan, apel ini merupakan salah satu upaya revitalisasi satkamling. Ia berharap, dengan revitalisasi tersebut dapat meningkatkan semangat serta mengoptimalisasikan peran satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

“Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan,” kata dia.

Menurutnya, satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa. Satkampling diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Baca juga:Kunjungi Poskampling, Satuan Binmas Polres Pekalongan Bagikan Jas Hujan

Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan satkamling. Selain itu, kata dia, satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal.

Kompol Kholid menegaskan, satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas. Apalagi saat ini menghadapi agenda nasional, yaitu pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

“Kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing. Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” ujar dia.

“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong visi Indonesia emas yang kita cita-citakan bersama,” tandasnya.

Hadir dalam apel satkampling itu para PJU Polres Pekalongan, Kapolsek jajaran Polres Pekalongan, bhabinkamtibmas jajaran Polres Pekalongan, anggota Polres Pekalongan serta Kasat Kamling jajaran Polres Pekalongan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: