Komisi C Cek Kesiapan Dinhub Kabupaten Pekalongan Jelang Natal dan Tahun Baru

Komisi C Cek Kesiapan Dinhub Kabupaten Pekalongan Jelang Natal dan Tahun Baru

KAJEN - Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan terkait dengan kesiapan dalam menghadapi pengaturan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas pada perayaan Natal dan malam tahun baru serta obyek wisata. Jumat (13/12/2019).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro menjelaskan bahwa dalam menghadapi arus lalu lintas untuk Natal dan tahun baru sudah menyiapkan SDM untuk aparatur atau personilnya serta sarana prasarana dan juga mengidentifikasi kerawanan baik itu kemacetan, potensi rawan kecelakaan dan daerah wisata yang menjadi tujuan para pengunjung.

"Kita siapkan kurang lebih 70 orang personil dan penempatan petugas di posko pelayanan terpadu selama 24 jam dibagi menjadi 3 shift mulai tanggal 24-31 Desember 2019," ujarnya.

Persiapan tersebut diawali dengan cek identifikasi kondisi jalan yang sampai saat ini sedang dilakukan dan melakukan ram check untuk armada juga pemeriksaan terhadap kru baik itu pengemudinya atau sopir dan juga kernetnya.

"Kita berikan pelayanan cek general secara umum seperti cek tekanan darah, kondisi kebugaran, dll. Kalau memang ada sedikit gangguan kita sediakan obat-obatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan," ucapnya.

Terkait pola manajemen perencanaan pengaturan arus lalu lintas kami selalu berkoordinasi dengan kepolisian khususnya satuan lalu lintas karena secara umum koordinator pelaksanaan dilapangan yaitu wilayah kepolisian.

Selain itu, kami juga menghimbau kepada warga Kabupaten Pekalongan bahwa kemungkinan saat Natal dan Tahun Baru ini juga bersamaan dengan liburan sekolah, sehingga akan banyak kedatangan orang dari luar daerah baik itu untuk bertemu keluarga atau berwisata.

"Intinya agar selalu berhati-hati dijalan karena kemungkinan arus lalu lintas akan padat dan selalu mengutamakan keselamatan," pesannya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pekalongan, Abdul Munir memberikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan karena sudah mempersiapkan baik itu dari personilnya maupun fasilitas perlengkapan jalan, fasilitas perlengkapan kereta api dan ram check angkutan umum.

"Saya dengan dari kepala dinas semua itu sudah disiapkan dari A sampai Z sehingga kemungkinan semua bisa berjalan aman dan lancar," pungkasnya.

Penataan traffic light yang tepat dan juga penjagaan ditempat ibadan serta tempat wisata juga sudah dipersiapkan. Serta kesiapan fasilitas untuk perlintasan kereta api dan pengecekan angkutan umum.

Itu semua bagus sekali. Rambu Penahulu Penunjuk Jalan sudah siap, Barrier juga siap, Traffic Cone dan Traffic Light juga sudah siap semua," ungkapnya.

Semoga dengan persiapan yang sudah bagus ini bisa menghadapi lonjakan traffic lalu lintas saat Natal dan Tahun Baru sehignga Kabupaten Pekalongan menjadi aman dan lancar sehingga yang berkunjung juga senang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: