Asam Urat Sering Kambuh? Pola Makan Sehat dengan Diet Rendah Purin Ini Efektif Atasi Asam Urat,Bonus Langsing!

Asam Urat Sering Kambuh? Pola Makan Sehat dengan Diet Rendah Purin Ini Efektif Atasi Asam Urat,Bonus Langsing!

Ilustrasi pola makan diet rendah purin untuk penderita asam urat.-Freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Metode diet rendah purin cocok sekali untuk penderita asam urat karena tidak hanya akan mengontrol asupan kalori tapi juga mengatasi masalah asam urat.

Karena ada beberapa orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, sehingga perlu memilih dengan tepat metode diet saat ingin menurunkan berat badan.

Seperti jika Anda penderita asam urat, maka metode diet rendah purin akan jadi solusi tepat.

BACA JUGA:Mengenal Diet Dash, Metode Diet yang Cocok dan Aman Untuk Penderita Hipertensi

BACA JUGA:Inilah Metode Diet yang Cocok untuk Usia 40 tahun! Bikin Badan Langsing, Sehat dan Bugar! Ini Metodenya

Mengenal Metode Diet Rendah Purin 

Seperti namanya, diet rendah purin adalah pola makan yang akan fokus untuk menghindari konsumsi purin yang berlebihan. Zat purin banyak terdapat di beberapa jenis bahan makanan dengan kadar tertentu, dan menjadi musuh besar asam urat yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Makanan tinggi kandungan purin juga memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat menyebabkan adanya asupan kalori berlebihan.

Di antara jenis makanan tinggi purin seperti jeroan daging minuman beralkohol, air kaldu, adalah jenis makanan yang juga memiliki kalori yang tinggi.

Sehingga ketika menghindari makanan-makanan tersebut anda tidak hanya dapat mengontrol kadar asam urat dalam tubuh tapi juga mengurangi asupan kalori penyebab berat badan berlebih.

Cara kerja metode diet ini adalah dengan menekan produksi urine dalam tubuh penyebab asam urat. Terbentuknya asam urat adalah karena tubuh perlu memecah purin yang berasal dari makanan.

Biasanya setelah memecah purin dalam jumlah normal,  asam urat akan luruh dikeluarkan melalui urine. Namun kadar purin yang tinggi akan menyebabkan kadar asam urat dalam darah juga meningkat, melebihi batas normal.

Inilah yang akan menimbulkan pengendapan dan muncul gejala tertentu seperti peradangan dan nyeri pada di beberapa bagian tubuh.

Maka dari itu, metode diet rendah purin cocok dilakukan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan namun memiliki kondisi asam urat yang masih suka kambuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: