Ini 4 Kekurangan Introvert dalam Komunikasi Karena Kepribadiannya yang Cepat Lelah Jika Berinteraksi

Ini 4 Kekurangan Introvert dalam Komunikasi Karena Kepribadiannya yang Cepat Lelah Jika Berinteraksi

Kekurangan introvert dalam komunikasi--freepik.com

Sebenarnya, ini bisa menjadi hal yang baik. Akan tetapi, jika dihubungkan dengan karakternya yang lain yakni enggan terlibat lebih jauh dengan kehidupan sosial, ini justru bisa menjadi bumerang.

Kecenderungan untuk berhati-hati bisa menciptakan kekurangan introvert dalam komunikasi berupa sulitnya mengungkapkan pikiran dalam bahasa verbal. Mereka takut salah bicara, sehingga untuk mengungkapkan isi hati dan pikiran dengan leluasa sangatlah sulit.

Tidak Pandai Menciptakan Kesan Pertama yang Baik

Tidak seperti ekstrovert yang terkenal friendly dan easy going, introvert merupakan pribadi yang sulit terbuka terutama terhadap orang baru. 

Akibatnya, terdapat kekurangan introvert dalam komunikasi yakni bahwa mereka sulit membangun kesan pertama yang baik. Mereka tidak pandai dalam membuka percakapan, terutama dengan orang baru. Itu sebabnya, introvert awalnya akan dilabeli sebagai orang yang kaku dan tidak asyik diajak berbicara.

Introvert juga tidak suka berbasa-basi. Pertemuan pertama yang seharusnya menciptakan kesan hangan dan bersahabat menjadi sulit dicapai oleh orang dengan kepribadian ini.

BACA JUGA Hindari! 5 Sikap Buruk dalam Komunikasi Ini Bisa Buat Orang Malas Berbicara Denganmu

Relasi yang Sempit

Dalam kehidupan manusia, relasi merupakan hal yang penting. Kamu tidak akan pernah tahu kapan kamu membutuhkan seseorang. Oleh karenanya, relasi yang sempit merupakan kabar buruk untukmu.

Sayangnya, ini menjadi salah satu kekurangan introvert dalam komunikasi. Introvert yang tidak terlalu senang terlibat dengan kegiatan bersama orang lain membuatnya tidak melihat dunia luar dengan luas dan berkenalan dengan banyak orang.

Itulah beberapa kekurangan introvert dalam komunikasi yang harus kamu pahami, terutama jika kamu memiliki kepribadian ini. Setelahnya, kamu bisa melakukan evaluasi dan memperbaiki karakteristik yang bisa menghambat proses komunikasimu. (")

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: