5 Manfaat Komunikasi Asertif yang Bikin Teknik Ini Worth It untuk Dicoba, Salah Satunya Kamu Jadi Dihormati!

5 Manfaat Komunikasi Asertif yang Bikin Teknik Ini Worth It untuk Dicoba, Salah Satunya Kamu Jadi Dihormati!

Manfaat komunikasi asertif--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Memiliki ciri khas di mana pesan disampaikan secara jelas dan tegas, terdapat beberapa manfaat komunikasi asertif yang membuatnya sangat pantas untuk dicoba.

Komunikasi asertif sederhananya merupakan teknik komunikasi di mana kamu mengungkapkan apa yang kamu pikirkan atau rasakan secara tegas dan jelas sebagaimana mestinya. 

Akan tetapi, ini berbeda dengan sifat agresif. Di mana dalam komunikasi asertif, kamu tetap menerima pendapat orang lain dan tidak menghakimi mereka meski kamu berpegang teguh pada pendapatmu.

Dengan mempraktikkan sifat komunikasi yang satu ini, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat, seperti bisa menolak secara tegas ketika kamu tidak bisa memenuhi keinginan orang lain, menyampaikan sesuatu tanpa mengorbankan perasaanmu, hingga membuatmu dihormati orang lain.

Lebih lengkapnya, akan disajikan beberapa manfaat komunikasi asertif yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk mempraktikkan komunikasi ini.

Yuk, simak apa saja manfaat komunikasi asertif yang bisa kamu dapatkan jika kamu mempraktikkanya!

BACA JUGA Ciptakan Komunikasi Efektif dengan 7 Bahasa Tubuh yang Baik Saat Berkomunikasi Berikut Ini!

Melindungi Kebutuhanmu

Dengan menerapkan komunikasi asertif, kamu bisa menetapkan batasanmu secara tegas sehingga orang lain tidak bisa menginvasi kebutuhankmu.

Komunikasi asertif memungkinkanmu untuk mengekspresikan emosi dengan jelas sehingga orang lain mengerti ketika kamu tidak setuju ataupun setuju.

Kamu dikatakan melindungi dan menghormati kebutuhanmu sendiri ketika kamu bisa membuat pilihan tentang apa yang akan dan tidak akan kamu lakukan. 

Manfaat komunikasi asertif ini akan membuatmu tidak lagi tidak enakan untuk menolak orang lain dan kemudian merugikan dirimu sendiri. Sebaliknya, kamu bisa membuat garis batas yang jelas untuk tidak dilewati oleh orang lain.

Membuat Orang Lebih Percaya Kepadamu

Komunikasi asertif adalah jalur yang harus kamu tempuh untuk mengedepankan kejujuran dan kebenaran. Kamu harus tegas dalam menyampaikan sesuatu, sehingga kebenaranlah yang bisa menang dalam komunikasimu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: