Harus Ada! Ini 7 Unsur dalam Komunikasi beserta Penjelasan dan Perannya dalam Aktivitas Sosialmu

Harus Ada! Ini 7 Unsur dalam Komunikasi beserta Penjelasan dan Perannya dalam Aktivitas Sosialmu

Unsur dalam komunikasi--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Tidaklah berjalan tanpa aturan, terdapat beberapa unsur dalam komunikasi di kehidupan sehari-hari dengan perannya masing-masing.

Ketika tidak ada unsur-unsur tersebut, maka kecil kemungkinan suatu proses komunikasi bisa berhasil.

Unsur dalam komunikasi disebut juga sebagai elemen, di mana hal tersebut sangat penting dalam terjadinya proses komunikasi yang baik dan efektif.

Dalam artikel ini, akan disajikan tujuh unsur dalam komunikasi yang perlu kamu tahu penjelasannya dan apa saja perannya. Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA 7 Hambatan yang Menyebabkan Komunikasi Menjadi Tidak Efektif, Jangan Dibiarkan!

Komunikator atau Sumber (Source)

Yetty Oktariana dan Yudi Abdullah dalam buku yang ditulisnya mengatakan bahwa komunikator atau sumber dalam komunikasi adalah orang yang mengirimkan pesan. Unsur dalam komunikasi yang satu ini sangat penting, karena komunikasi tidak akan terjadi jika tidak ada komunikator.

Komunikator juga dikenal dengan berbagai istilah mulai dari sender, encoder, source, dan pengirim pesan.

Siapa pun bisa menjadi komunikator, baik individu di sektor informal atau kehidupan sehari-hari, individu di sektor formal, maupun kelompok tertentu.

Pesan (Message)

Tentu saja, tidak akan ada komunikasi jika tidak ada pesan yang disampaikan. Oleh karenanya, unsur dalam komunikasi yang satu ini harus selalu ada dalam proses komunikasi. Pesan bisa berbentuk apa saja yang dikirimkan oleh komunikator kepada penerima pesan.

Pesan dalam komunikasi ini juga dapat ditansmisikan atau dikirimkan melalui berbagai media, mulai dari komunikasi langsung atau melalui media seperti telepon, pesan singkat, email, dan lainnya.

Bentuk dari unsur dalam komunikasi berupa pesan ini bisa memiliki sifat yang berbeda-beda, mulai dari informatif, mengibur, nasihat, hingga pesan yang buruk seperti propaganda.

Media (Channel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: