Harus Ada! Ini 7 Unsur dalam Komunikasi beserta Penjelasan dan Perannya dalam Aktivitas Sosialmu

Harus Ada! Ini 7 Unsur dalam Komunikasi beserta Penjelasan dan Perannya dalam Aktivitas Sosialmu

Unsur dalam komunikasi--freepik.com

Di pembahasan unsur dalam komunikasi selanjutnya ada media atau sesuatu yang digunakan untuk memindahkan pesan dari komunikator kepada penerima pesan. Media bisa berarti apa saja, mulai dari pancaindra hingga alat komunikasi tradisional dan modern seperti surat, telepon, email, chat, dan lainnya.

Komunikan atau Penerima (Receiver)

Tentu saja, komunikator tidak bisa berkomunikasi jika tidak ada penerimanya. Maka, unsur dalam komunikasi selanjutnya adalah penerima atau komunikan. Sebagaimana komunikator, komunikan juga bisa siapa saja. Baik individu maupun kelompok, baik seseorang sebagai bagian masyarakat secara umum atau anggota perusahaan formal.

Peran komunikan sangatlah penting, karena jika pesan tidak diterima komunikan, akan timbul permasalahan yang sering menuntut adanya perubahan, entah dari komunikator, pesan, atau media.

Pengaruh Komunikasi (Effect)

Apa pun jenis komunikasinya, akan selalu ada efek sebagai salah satu unsur dalam komunikasi. Efek dalam hal ini dimaknai sebagai perubahan atau penguatan keyakinan pada sisi pengetahuan, sikap, serta tindakan seseorang akibat penerimaan pesan.

Jika suatu efek komunikasi terjadi, maka akan ada perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, serta dilakukan komunikan sebelum dan setelah menerima pesan.

Ingat bahwa efek tidak selalu bersifat fisik, di mana terkadang efek dalam komunikasi tidak bisa selalu dilihat secara langsung.

Respons (Feedback)

Respons atau umpan balik merupakan unsur dalam komunikasi yang muncul akibat adanya pengaruh dari pesan yang disampaikan. Namun, bisa saja respons ini berasal dari unsur komunikasi lainnya, baik pesan, media, maupun komunikator.

BACA JUGA Bahasa Tubuh yang Sopan untuk 5 Situasi Komunikasi Berbeda, Mulai dari Kenalan Hingga Perpisahan!

Lingkungan

Lingkungan juga merupakan bagian dari unsur dalam komunikasi, di mana ini bisa memberikan pengaruh yang besar pada proses komunikasi. Secara umum, unsur lingkungan ini bisa kamu pahami dalam empat macam, yakni fisik, sosial budaya, psikologis, dan waktu.

  • Lingkungan fisik berarti proses komunikasi hanya bisa berjalan lancar tanpa rintangan fisik, misalnya geografis. 
  • Lingkungan sosial menunjukkan faktor sosial budaya, ekonomi, serta politik yang bisa menjadi kendala dalam proses komunikasi. Contohnya bahasa, kepercayaan, adat istiadat, dan status sosial. 
  • Dimensi psikologis merujuk pada pertimbangan kejiwaan dalam berkomunikasi. Contohnya menghindari kritik yang bisa menyinggung perasaan lawan bicara. 
  • Dimensi waktu adalah situasi yang tepat untuk berkomunikasi. Banyak proses komunikasi yang tertunda karena pertimbangan waktu, seperti musim dan cuaca. 

Lingkungan yang berbeda akan cenderung menciptakan proses komunikasi yang berbeda pula. Itu sebabnya, saat berkomunikasi kamu perlu memperhatikan aspek lingkungan yang ada di sekitarmu.

Itulah beberapa unsur dalam komunikasi yang perlu kamu tahu, sehingga kamu bisa menjalankan proses komunikasi dengan baik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: