4 Tips untuk Menjadi Teman Curhat yang Baik, Hindari Memberikan Respons yang Menyebalkan

4 Tips untuk Menjadi Teman Curhat yang Baik, Hindari Memberikan Respons yang Menyebalkan

Tips untuk menjadi teman curhat yang baik--freepik.com

Jangan memulai pembicaraan dengann topik lain yang mendistraksi proses cerita temanmu. Akan lebih buruk lagi jika kamu terkesan meremehkan masalah orang lain, tidak memerhatikan dan bahkan membuka obrolan dengan topik baru.

Kamu tidak akan pernah tahu seperti apa perasaan mereka saat mengalaminya, dan sikapmu itu bisa jadi menyinggung mereka. 

Tolak Sejak Awal Jika Kamu Tidak Siap Mendengarkan

Jika kamu juga tengah menghadapi masalah yang tidak memungkinkanmu untuk mendengarkan orang lain bercerita tentang masalahnya, maka katakan dari awal. Jangan berlindung di balik kata tidak enak, karena itu justru akan menyulitkanmu dna temanmu.

Lebih baik kamu menolak dengan halus bahwa kamu sedang tidak punya waktu untuk mendengar curhatannya. Atau jika tidak mau langsung menolak, katakan seperti apa kondisimu saat itu, agar ia bisa memaklumi perasaanmu juga.

Tips untuk menjadi teman curhat yang baik ini akan membuat temanmu menilai dirimu sebagai seseorang yang transparan, sehingga di kemudian hari dia tidak akan berpikir bahwa kamu enggan mendengarkannya setelah menerima permintaannya untuk menjadi teman curhat.

Sebab, dia tahu bahwa kamu akan selalu berkata jujur jika memang sedang tidak berada di situasi memungkinkan untuk mendengarkan.

BACA JUGA 5 Bentuk Komunikasi Toxic dalam Hubungan, Bahaya untuk Hubungan Hingga Kesehatan Mental!

Ingat Bahwa Kamu Tidak Harus Memberi Solusi

Menyadari bahwa kamu tidak harus memberikan solusi juga meruapakan salah satutips untuk menjadi teman curhat yang baik.

Sebab, jika kamu sudah memahami hal ini, maka kamu bisa menjadi pendengar yang lebih baik serta fokus dan tidak mendengarkan sembari berpikir solusi apa yang harus kamu berikan.

Justru terkadang orang cenderung tidak suka dinasehati berlebihan karena mereka ingin menyelesaikannya sendiri. 

Kecuali ia meminta bantuanmu untuk menemukan solusi terbaik, kamu bisa memberinya kata-kata penguatan atau penyemangat agar ia merasa lebih tenang. 

Itulah beberapa tips untuk menjadi teman curhat yang baik yang bisa kamu terapkan untuk membuat orang lain nyaman membagikan kisahnya kepadamu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: