Inilah 7 Buah yang Wajib Ada di Perayaan Imlek, Diyakini Bisa Mendatangkan Keberuntungan dan Kekayaan

Inilah 7 Buah yang Wajib Ada di Perayaan Imlek, Diyakini Bisa Mendatangkan Keberuntungan dan Kekayaan

Inilah 7 Buah yang Wajib Ada di Perayaan Imlek, Diyakini Bisa Mendatangkan Keberuntungan dan Kekayaan -Freepik.com/dashu83-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Inilah 7 buah yang wajib ada di perayaan Imlek, diyakini bisa mendatangkan keberuntungan dan kekayaan. Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel ini!

Beberapa sajian makanan Imlek tak hanya enak dan menggoda selera namun juga memiliki makna. Seperti aneka buah yang wajib ada di perayaan Imlek  dan diyakini bisa mendatangkan keberuntungan dan kekayaan.

Terdapat beberapa makanan yang wajib ada ada saat Imlek, seperti olahan ikan bandeng, mie panjang umur hingga kue keranjang. Masing-masing makanan tersebut memiliki makna dan simbol keberuntungan dan kekayaan.

Selain kue dan makanan utama, ternyata buah yang disajikan saat Imlek pun tak boleh sembarangan. Ada buah yang pantang disajikan, namun ada juga buah yang wajib ada karena memiliki makna keberuntungan.

Beberapa buah yang dianggap membawa keberuntungan dan kekayaan antara lain jeruk, apel, anggur dan delima. Tak heran jika masyarakat Tionghoa selalu menyuguhkan aneka buah ini saat momen pergantian Tahun Baru China.

Selain itu, buah ini juga populer dijadikan hantaran atau hadiah untuk keluarga maupun kerabat. Setiap buah memiliki makna yang berbeda-beda mulai dari keberuntungan, kemakmuran hingga kekayaan.

Inilah 7 Buah yang Wajib Ada di Perayaan Imlek, Diyakini Bisa Mendatangkan Keberuntungan dan Kekayaan 

Berikut ini 7 buah yang wajib ada di perayaan Imlek, diyakini bisa mendatangkan keberuntungan dan kekayaan:

1. Jeruk

Jeruk menjadi buah yang selalu ada di daftar belanjaan wajib untuk Tahun Baru Imlek. Orang china sangat menyukai warna emas dan mereka percaya bahwa buah jeruk ini akan membawakan kebahagiaan, kemakmuran, dan keberuntungan dalam menghasilkan uang.

Sementara itu, bentuk bulat pada buah jeruk menjadi simbol keberuntungan dan kebersamaan. Semakin bagus kualitasnya maka dipercaya juga keberuntungan akan semakin memihak.

Beberapa orang China bahkan tak hanya membeli buahnya saja, namun hingga membeli pot pohon jeruk dan meletakkannya di rumah. Dipercaya dengan cara ini dapat mendatangkan keberuntungan di rumah.

2. Pomelo

Pomelo merupakan buah yang dianggap dapat membawa keberuntungan sehingga masyarakat China akan menyajikannya untuk disantap bersama keluarga atau kerabat. Dalam bahasa China, buah pomelo mempunyai nama yang mirip dengan arti melindungi.

Menyajikan buah ini dianggap sama artinya dengan mengharapkan semua kehidupan berjalan dengan baik. Di Indonesia, orang-orang China sering menggantinya dengan jeruk Bali.

3. Anggur

Buah anggur tumbuh bergerombol dalam tangkai, ini dipercaya melambangkan kelimpahan rezeki yang baik dan banyak. Harapannya dengan makan anggur di hari Imlek, akan mendapatkan keberuntungan yang selalu menyertai.

Kamu bisa memilih anggur hijau atau anggur merah untuk  disajikan dan dikonsumsi. Anggur merah melambangkan rasa hormat dan keanggunan, sementara anggur hijau menjadi lambang kesuburan dan kemakmuran.

4. Delima

Buah delima merupakan buah yang dijadikan simbol kesuburan, panjang umur dan kemakmuran. Buah delima merupakan buah keberuntungan untuk Tahun Baru Imlek.

Karena ada banyak biji di dalam buah delima, makan buah delima dianggap sebagai simbol kesuburan dan harapan memiliki lebih banyak anak dan cucu. Selain itu, karena warnanya yang cerah, buah delima dijadikan simbol keberuntungan.

5. Pisang

Pohon pisang hanya berbuah sekali dalam hidupnya dan sebelum mati, di sekitarnya ditumbuhi oleh tunas-tunas baru. Masyarakat China meyakini bahwa pisang melambangkan kebermanfaatan.

Bahwa manusia sebelum meninggal harus melakukan kebajikan dan mempunyai keturunan. Manusia tersebut harus menjadi panutan bagi generasinya dan bersikap tolong menolong agar disukai dan digemari orang lain.

6. Apel

Dalam bahasa China, buah apel mempunyai pengucapan yang artinya mirip dengan kata “aman dan damai:. Dengan demikian, diharapkan orang yang mengonsumsi apel saat Imlek akan mendapatkan kedamaian sepanjang tahun. 

Beberapa toko buah menyediakan paket buah berisi apel yang bisa dijadikan hadiah Imlek. Umumnya menggunakan jenis apel merah. Apel merah ini mempunyai rasa manis yang menjadi harapan akan kehidupan yang berjalan manis.

7. Tebu

Meskipun, sebenarnya tebu bukanlah buah namun beberapa orang China yang menganggap tanaman batang ini sebagai buah karena rasanya manis. Punya tampilan yang mirip seperti bambu, tebu memiliki batang yang kekar dan beruas-ruas, ini dipercaya dapat melambangkan sebagai peningkatan karir dan peningkatan kehidupan sosial seseorang. 

Tebu dapat disajikan dalam keadaan sudah dikupas. Untuk cara mengkonsumsinya sendiri dengan dikunyah untuk mengeluarkan sari tebu yang rasanya manis.

 

 

Itulah 7 buah yang wajib ada di perayaan Imlek, diyakini bisa mendatangkan keberuntungan dan kekayaan. Semoga bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/kaya-antioksidan-ini-6-buah-yang-identik-dengan-perayaan-imlek