Tidak Harus Diakhiri, Lakukan 4 Cara Komunikasi untuk Mempertahankan Hubungan yang Masih Ingin Kamu Selamatkan

Tidak Harus Diakhiri, Lakukan 4 Cara Komunikasi untuk Mempertahankan Hubungan yang Masih Ingin Kamu Selamatkan

Komunikasi untuk mempertahankan hubungan--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Mengakhiri hubungan tidak selalu merupakan satu-satunya jalan keluar untuk mengatasi konflik, sebab ada pula cara komunikasi untuk mempertahankan hubungan. Terlebih jika kamu merasa bahwa hubungan tersebut masih layak dipertahankan.

Berhubungan dengan orang lain memang tidak selalu mudah. Kamu harus menyatukan dua kepala yang berbeda. Oleh karenanya, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu dan pasangan akan menghadapi konflik yang beragam.

Kamu tidak akan bisa belajar jika di setiap konflik yang dihadapi, jalan keluar yang selalu kamu ambil adalah mengakhiri hubungan.

Padahal, kamu bisa menegosiasikan banyak hal untuk menghadapi konflik tersebut dengan cara komunikasi untuk mempertahankan hubungan.

Jika kamu merasa berada di dalam hubungan yang bermasalah, tetapi melihat bahwa hubungan tersebut masih pantas diperjuangkan, maka kamu bisa menggunakan cara komunikasi untuk mempertahankan hubungan berikut ini.

Yuk, simak apa saja cara komunikasi untuk mempertahankan hubungan yang bisa kamu terapkan dalam hubunganmu!

BACA JUGA 5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Silent Treatment, Jangan Biarkan Konflik Berlarut-larut-berlarut-larut

Membicarakan Secara Terbuka Masalah yang Dihadapi

Terkadang, baik kamu maupun pasanganmu tidak menyadari ada yang salah dari hubungan kalian hingga menyakiti satu sama lain.

Oleh karenanya, langkah pertama yang masuk ke dalam rangkaian cara komunikasi untuk mempertahankan hubungan, adalah dengan mengomunikasikan secara terbuka, apa sebenarnya yang dirasakan oleh masing-masing dari kalian.

Jika kamu keberatan dengan tingkah tertentu pasanganmu, maka katakan sejujurnya agar dia sadar akan kesalahannya. Pun jika pasanganmu mengungkapkan hal-hal dari dirimu yang membuatnya terluka, terimalah hal tersebut dan jangan menyangkalnya.

Dalam hal ini, penting bagi kalian berdua untuk berbincang dengan kepala dingin dan pikiran terbuka. Jangan berakhir saling menyalahkan atau mengelak dari kesalahan masing-masing.

Setelah melakukan cara komunikasi untuk mempertahankan hubungan ini, maka permasalahan menjadi semakin jelas dan kamu tahu ke arah mana perbaikan bisa dilakukan.

Cari Kemungkinan untuk Diperbaiki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: