Toko dan Sekolah di Desa Winduaji Kabupaten Pekalongan Rusak Dihajar Longsor

Toko dan Sekolah di Desa Winduaji Kabupaten Pekalongan Rusak Dihajar Longsor

Akibat dihajar longsor, bangunan sekolah MI Salafiah Winduaji di Desa Winduaji Kecamatan Paninggaran rusak. -Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Longsor yang terjadi di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan, tepatnya di Dukuh Simbang, Desa Winduaji, mengakibatkan bangunan toko dan sekolah rusak, Minggu, 4 Februari 2024. 

Kapolsek Paninggaran Kompol Agus Supriyono, Senin, 5 Februari 2024, menerangkan, longsor disebabkan guyuran hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Paninggaran.

“Akibat hujan yang deras, tebing dengan ketinggian sekitar 10 meter dan panjang 40 meter longsor hingga menimpa bangunan toko dan MI Salafiah Winduaji,” ujarnya.

Polsek Paninggaran yang menerima laporan dari warga, segera mendatangi lokasi untuk mengecek situasi dan juga lokasi kejadian. 

Baca juga:Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Dihajar Longsor, Sekolah dan Rumah Warga Rusak

“Karena saat itu situasi malam dan kondisi juga masih hujan, petugas dan juga warga akhirnya melakukan evakuasi pagi ini,” ungkap Kompol Agus.

Dari kejadian itu, tidak terdapat korban jiwa. Namun, kerugian material mencapai Rp 100 juta.

“Hanya kerugian material saja, perkiraan mencapai Rp 100 juta,” kata dia.

Ia mengimbau kepada warga untuk selalu waspada dan tetap berhati-hati akan terjadinya longsor susulan. 

Selain itu, Kompol Agus juga meminta untuk segera melaporkan kepada petugas apabila ada kejadian bencana alam guna percepatan dalam penanganannya.

Baca lagi:Bus Pekalongan-Kalibening Terjebak Longsor di Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi pada Minggu siang, 4 Februari 2024, mengakibatkan bencana longsor di sejumlah desa di Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. 

Tak hanya akses jalan provinsi Pekalongan-Banjarnegara tertutup longsor di beberapa titik, bangunan sekolah dan rumah warga pun ada yang rusak diterjang longsor. Bahkan, ada bus berpenumpang terjebak longsor di Jalan Raya Paninggaran. 

Berdasarkan data Radar, pada hari Minggu siang, hujan deras mulai mengguyur wilayah Paninggaran dan sekitarnya sejak pukul 14.00 WIB. Sekitar pukul 15.15 WIB, longsor dilaporkan telah terjadi di beberapa titik di wilayah Kecamatan Paninggaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: