Anak Membantah, Apa yang Harus Dilakukan? Begini Tips dr Aisah Dahlan dalam Menegur Anak yang Berbuat Salah

Anak Membantah, Apa yang Harus Dilakukan? Begini Tips dr Aisah Dahlan dalam Menegur Anak yang Berbuat Salah

Ilustrasi tips menegur anak yang berbuat salah dr Aisah Dahlan.-Pecinta dr Aisah Dahlan/ yt-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Saat anak berbuat kesalahan, maka tugas orang tua untuk menegur, dan mengarahkan anak. Jadi penting menegur anak yang berbuat salah dengan cara yang baik seperti yang dijelaskan oleh dr Aisah Dahlan.

Meski kadang anak susah dikasih tau, seringkali membuat otang tua marah dan frustasi.

Namun sebagai pihak yang lebih dewasa dan dianggap lebih bijaksana, orang tua perlu mengontrol emosi dan tetap mengarahkan atau menegur anak dengan baik.

Apalagi anak adalah peniru ulung, contohkan yang baik-baik agar ia tumbuh dengan rekaman memori baik yang akan dijadikan contoh kelak saat dewasa. Jangan sampai kita sebagai orang tua tersulut emosi dan marah-marah.

Respon marah dan kasar saat anak berbuat salah justru dapat memberi trauma dan anak jadi lebih tertutup kepada orang tua. Nah untuk mencegah hal ini terjadi, dr Aisah Dah;an memberi beberapa tips dalam menegur anak.

BACA JUGA:Khawatir Anak Menyembunyikan Sesuatu? Ini Tips Parenting dr Aisah Dahlan Agar Bisa Menjadi Teman Curhat Anak

BACA JUGA:Orang Tua Perlu Tahu! Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak

Tips dr Aisah Dahlan dalam Menegur Anak yang Berbuat Salah

Dalan menjelaskan tema cara menegur anak ini, dr Aisah Dahlan menjadikan al-Qur'an sebagai rujukan dalam memberi tips saat hendak menegur anak.

Konsep dalam Islam saat kita ingin mengarahkan anak-anak, untuk berdiskusi ada pada QS.Al-Imran:159:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ ۝١٥٩

"Maka, berkat rahmat Allah engkau (Nabi Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Seandainya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka akan menjauh dari sekitarmu. Oleh karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam segala urusan (penting). Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal."

Dari ayat tersebut dr Aisah Dahlan menyarankan orang tua untuk sangat berhati-hati menjaga anak-anak.

Apalagi dengan mirisnya fenomena menyimpang yang semakin kerap terjadi di masyarakat seperti narkoba, LGBT, dan lainnya akibat anak yang menjauh dari kita.

BACA JUGA:Saat Merasa Bersalah pada Anak, Begini Tips Cara Meminta Maaf kepada Anak Menurut dr Aisah Dahlan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: