5 Kendala Komunikasi dengan Pasangan yang Membuat Kurangnya Dialog Berdua dalam Hubungan

5 Kendala Komunikasi dengan Pasangan yang Membuat Kurangnya Dialog Berdua dalam Hubungan

Kendala komunikasi dengan pasangan--Freepik.com

Takut Memicu Amarah

Kendala komunikasi dengan pasangan selanjutnya yang kerap kali terjadi adalah adanya rasa takut untuk membuat pasangan marah. Pada akhirnya, seseorang memilih untuk tidak berbicara saja.

Ketakutan ini sangat beralasan, terutama untuk kamu yang memiliki pasangan dengan tingkat temperamen yang tinggi atau gampang tersulut emosi.

Untuk mengatasinya, ada baiknya kamu mencari waktu yang tepat dan memilih saat ketika pasanganmu sedang dalam suasana hati yang baik untuk berkomunikasi.

BACA JUGA Tidak Harus Diakhiri, Lakukan 4 Cara Komunikasi untuk Mempertahankan Hubungan yang Masih Ingin Kamu Selamatkan

Merasa Tidak Dihargai dan Dianggap Remeh

Perilaku pasanganmu yang cenderung meremehkanmu dibandingkan memberikan penghargaan atas apa yang kamu lakukan atau katakan, juga menjadi salah satu kendala komunikasi dengan pasangan.

Kebiasaan meremehkan tersebut akan membuatmu malas berbicang dengannya karena merasa bahwa itu akan sia-sia.

Jika sampai salah satu pihak merasakan perasaan semacam ini, maka bukan tidak mungkin hubungan menjadi semakin renggang.

Ada baiknya kamu dan pasangan saling mencari tahu sumber masalah sesegera mungkin dan mengutarakan isi hati pada pasangan daripada dipendam berlarut-larut.

Overthinking dan Merasa Pasangan Tidak Akan Mengerti

Kendala komunikasi dengan pasangan terakhir yang bisa muncul dalam hubungan berasal dari pikiranmu sendiri, di mana kamu terlalu menyepelekan pasangan dan merasa dia tidak akan bisa mengerti apa yang kamu rasakan.

Padahal belum tentu kenyataannya akan demikian. Bisa jadi, pasanganmu justru sangat memahamimu bahkan melebihi dirimu sendiri.

Itulah beberapa kendala komunikasi dengan pasangan yang harus kamu pahami sehingga hubunganmu dengan pasangan tidak tersendat akibat kurangnya komunikasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: