Pentingnya Membentuk Watak Anak, Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan tentang Watak Anak dalam Pandangan Islam

Pentingnya Membentuk Watak Anak, Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan tentang Watak Anak dalam Pandangan Islam

Cara membentuk watak anak watak anak dalam pandangan Islam.-draisahdahlan/ yt-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebagai orang tua penting untuk mengetahui watak anak. Sebagai sesuatu yang melekat pada diri seseorang, dr Aisah Dahlan mencoba menjelaskan tentang watak anak dalam perspektif Islam.

Setiap orang memiliki watak yang berbeda-beda. Begitupun pada anak-anak, watak seperti menjadi sebuah ciri khas tersendiri bagi setiap anak.

Lalu sebenarnya watak itu apa si? Watak disini juga bisa diartikan dengan karakter seseorang. Yang bisa mencakup sifat, perilaku, dan karakternya.

Maka jika memposisikan diri sebagai orang tua, watak adalah hal dasar yang harus dipahami dari masing-masing anak. Agar dalam mendidik anak bisa tepat sasaran menggunakan metode dan pendekatan yang sesuai dengan watak anak.

Pentingnya memahami watak ini juga di bahas dalam Islam. Seperti penjelasan dr Aisah Dahlan dalam menjelaskan pandangan Islam tentang watak dan hubungan bagi setiap anak.

BACA JUGA:Khawatir Anak Menyembunyikan Sesuatu? Ini Tips Parenting dr Aisah Dahlan Agar Bisa Menjadi Teman Curhat Anak

BACA JUGA:Orang Tua Perlu Tahu! Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak

Watak Anak dalam Perspektif Islam 

Dalam menjelaskan pentingnya mengenal watak anak, dr Aisah Dahlan kembali merujuk pada QS. al-Israa': 84 yang berbunyi,

 

قُلْ كُلٌّ يَّعْمَلُ عَلٰى شَاكِلَتِهٖۗ فَرَبُّكُمْ اَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ اَهْدٰى سَبِيْلًاࣖ ۝٨٤

"Katakanlah (Nabi Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka, Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya."

Mengenai ayat ini, dr Aisah Dahlan menjelaskan bahwa setiap orang sesuai dengan pembawaanya masing-masing. Pembawaan yang dimaksud disini berhubungan dengan watak yang berbeda pada setiap individu.

"Pembawaan itulah salah satunya adalah watak, dan watak itu genetik. Setiap anak itu memiliki watak, yang sifatnya genetik bisa ada turunan dari ayahnya dan turunan dari ibunya" tutur dr Aisah Dahlan menjelaskan.

Kemudian dr Aisah Dahlan menunjukan bahwa watak ini pusatnya ada di lobus parietalis, atau di otak bagian tengah. Dan watak tidak bisa dihilangkan, namun bisa dibentuk. bagaimana cara membentuk watak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: