Menghalalkan Makanan Haram, Apa Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya!

Menghalalkan Makanan Haram, Apa Hukumnya? Ini Penjelasan Buya Yahya!

Ini dia hukum menghalalkan makanan haram menurut Buya Yahya.--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagaimana jadinya jika ada seorang yang menghalalkan makanan haram, apa hukumnya? Ini dia penjelasan dari Buya Yahya

Makanan menjadi suatu hal yang wajib dikonsumsi untuk bertahan hidup, dan sebagai penambah ketenangan untuk semua makhluk hidup, tidak dipungkiri makanan sangatlah berpengaruh pada masa depan. 

Menurut islam, makanan yang baik dikonsumsi adalah makanan yang mengandung makna kehalalan.

Halal memiliki beberpa maksud, baik itu halal dari sifat, halal dari bahan makanannya, halal dari cara memperolehkananya atau bahkan halal dari cara zatnya. 

Begitu banyak makna halal yang harus didapat dari makanan untuk memperoleh keberkahan dan manfaat dari makanan yang kita konsumsi. 

Lalu bagaimana jika ada orang yang menghalalkan makanan haram? Apakah itu berdoa atau tidak? Apa hukumnya mengkonsmusi makanan tersebut? Menurut pandangan para ulama. 

BACA JUGA :Hukum Makan All You Can Eat di Restoran Menurut Islam, Boleh Atau Tidak: Kata Buya Yahya

BACA JUGA :Amalan Doa Hidup Tenang Dikeluarkan Dari Kesulitan, Kata Buya Yahya

Buya Yahya menjelasakan mengenai permasalaha  tersebut yang membuat semua orang bingung dan ragu mengenai hukum yang melatar belakanginya. 

Buya berkata bahwa ciri dari orang yang beriman adalah patuh terhadap perintah yang Allah berikan.

Peruh antara halal dan haram, jika Allah mengatakan halal maka dia akan melakukanya, dan jika Allah mengharamkan maka hendaklah menjauhinya. 

Semacam itulah perintah Allah untuk umatya yang sangat beriman kepadanya, semua apa yang Allah perintahkan akan mereka lakukan dan jika Allah melarangnya akan menhindarinya dan tidak akan pernah mencobanya. 

Jika pernyataan itu terbalik, menghalalkan sesuatu yang diharamkan oleh Allah atau mengharamkan sesuatu yang dihalalkan. Maka dosa besar baginya yang melakukanya, baik itu secara tidak sengaja atau bahkan itu sengaja dilakukan. 

Buya mencontohkan mengenai air putih dan minuman keras, kedua minuman tersebut memiliki kesamaan sifat, zat, namun berbeda manfaat dan berbeda kandungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://youtu.be/frawshajbg4?si=vub0vjb4xviy7tr3