KPU Kabupaten Pekalongan Diminta Mulai Lakukan Persiapan Menghadapi Pilkada Serentak 2024

KPU Kabupaten Pekalongan Diminta Mulai Lakukan Persiapan Menghadapi Pilkada Serentak 2024

PEKALONGAN - KPU Kab. Pekalongan mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka evaluasi pelaksanaan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati pekalongan tahun 2020 di salah satu hotel di Pekalongan, Rabu (17/3/2021).

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal mengatakan bahwa dalam evaluasi ini pihaknya meminta masukan dan saran kepada pihak yang kemarin terlibat dalam pilkada Kabupaten Pekalongan 2020.

"Kami butuh masukan dan saran tetkait dengan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati pekalongan yang kemarin sudah dilakukan dan apa yang dirasakan seperti apa, sehingga kedepan bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Terkait kendala yang dihadapi, Abi menjelaskan bahwa dalam pemilihan kemarin dilaksanakan dalam kondisi pandemi.

"Ini merupakan sesuatu yang baru dan semua belum pernah merasakan dan harus mengikuti protokol kesehatan yang disesuaikan, semua juga masih mencari-cari formulasi yang tepat dalam pemilihan dimasa pandemi," pungkasnya.

Abi berharap agar semua pihak bisa mempersiapkan dengan baik terkait perencanaan, anggaran, dll. Sehingga seolah-olah tidak terkesan buru-buru dan dalam pelaksanaan terasa kurang optimal.

Sementara itu, Perwakilan dari KPU Provinsi Jawa Tengah Muslim Aisha menambahkan bahwa terkait anggaran untk pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 untuk segera disusun mulai dari sekarang untuk diajukan ke Pemda dengan tujuan untuk mengantisipasi kedepannya karena tidak mungkin anggaran akan terpenuhi dalam tahun pelaksanaan.

"Kami menyarankan agar terkait anggaran untuk sistem mencicil tiap tahun berapa porsinya tergantung dengan kebijakan daerah masing-masing. Tujuannya untuk meringankan anggaran sehingga tidak menumpuk saat pada saat tahun pelaksanaan. Di Jawa Tengah sendiri sudah ada beberapa daerah yang mempersiapkan dengan sistem seperti itu untuk pilkada 2024," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: