Anti Nganggur Habis Lulus! Pelajari 5 Strategi Networking untuk Fresh Graduate, Miliki Peluang Kerja yang Luas

Anti Nganggur Habis Lulus! Pelajari 5 Strategi Networking untuk Fresh Graduate, Miliki Peluang Kerja yang Luas

Strategi networking untuk fresh graduate --Freepik.com

Di sisi lain, saat kamu berusaha untuk menjalin hubungan dengan seseorang, pastikan kamu terlebih dahulu menelusuri latar belakang mereka. Karena strategi networking untuk fresh graduate ini bertujuan untuk membuka kesempatan dalam berkarier, maka kamu perlu memprioritaskan koneksi dengan orang yang visi kariernya cocok dengan keinginanmu.

Pahami kualitas dirimu

Tentu saja, kamu harus membangun citra tertentu di depan orang lain. Maka, penting bagimu untuk memahami kualitas diri yang kamu miliki untuk kemudian menonjolkannya. Galilah lebih dalam hal-hal yang menjadi potensimu untuk bisa kamu kembangkan.

Dengan menetapkan tujuan sejak awal, menggali nilai dan potensi diri, serta mengetahui potensi diri, akan lebih mudah bagimu untuk mengembangkan diri secara optimal. Dengan begitu, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih lebar untuk membangun relasi dengan orang lain.

Strategi networking untuk fresh graduate ini juga memungkinkanmu untuk memiliki relasi yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan visi kariermu.

Tergabung dalam komunitas

Komunitas juga merupakan hal yang penting dalam strategi networking untuk fresh graduate. Terlebih jika komunitas tersebut berkaitan langsung dengan tujuan kariermu setelah lulus.

Maka, cobalah untuk mencari komunitas yang sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan kariermu. Dari sana, kamu tidak hanya mendapatkan koneksi, tetapi juga memperoleh informasi sesuai dengan hal-hal yang menjadi fokus utama komunitas tersebut.

Informasi itulah yang dapat membantumu menyiapkan masa depan di dunia profesional.

BACA JUGA Trik Ampuh Komunikasi, Dapatkan 5 Manfaat Memberikan Pujian yang Sangat Penting untuk Hubungan Sosialmu!nting-untuk-hubungan-sosialmu

Aktif di media sosial

Mengingat masifnya perkembangan teknologi, maka hal yang tidak boleh dilewatkan dalam strategi networking untuk fresh graduate adalah melibatkan media sosial di dalam membangun relasi.

Penting bagimu untuk secara aktif hadir di media sosial dengan memanfaatkannya untuk membangun jejaring koneksi. Dua media sosial utama yang bisa menjadi fokusmu contohnya adalah Instagram dan LinkeIn.

Akan tetapi, karena terbatasnya peluang untuk berhubungan secara langsung dengan orang-orang di media sosial, maka kamu juga perlu berhati-hati dengan terlebih dahulu melakukan riset terhadap latar belakang orang-orang yang akan kamu jadikan relasi.

Untukmu yang sedang duduk di bangku universitas atau bahkan yang baru saja lulus, penting bagimu untuk menerapkan strategi networking untuk fresh graduate di atas. Semoga sukses dengan kariermu, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: