Kenapa Fresh Graduate Susah Dapat Pekerjaan? Ini 5 Fakta Penting yang Jarang Disadari!

Kenapa Fresh Graduate Susah Dapat Pekerjaan? Ini 5 Fakta Penting yang Jarang Disadari!

Kenapa fresh graduate susah dapat pekerjaan--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Merupakan hal yang wajar jika kamu bertanya-tanya, sebenarnya kenapa fresh graduate susah dapat pekerjaan?

Pada kenyataannya, tidak semua lulusan baru memiliki keberuntungan untuk langsung mendapatkan pekerjaan setelah mereka lulus. Pun ketika mendapatkan pekerjaan, tidak selalu pekerjaan tersebut sesuai dengan dunia karier impian dan bidang yang ingin ditekuni.

Lantas, sebenarnya kenapa fresh graduate susah dapat pekerjaan? Artikel ini akan menjawab pertanyaanmu ini dengan beberapa fakta tentang fresh graduate.

BACA JUGA: Mau Bekerja di Luar Negeri? Ini 5 Negara yang Membuka Kesempatan untuk Pekerja Asing, Termasuk Fresh Graduate

Koneksi yang sempit

Tidak sedikit fresh graduate yang memiliki jejaring sosial yang cukup sempit terutama di dunia profesional, dan ini menjadi salah satu alasan kenapa fresh graduate susah dapat pekerjaan.

Memang, koneksi tidak secara gamblang dikatakan merupakan syarat untuk mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi, tanpa jaringan profesional yang kuat, fresh graduate akan semakin sulit mendapatkan pekerjaan.

Merupakan sebuah kesalahan jika sejak berada di bangku kuliah, mahasiswa tidak memanfaatkan kesempatan untuk membangun jaringan profesional dengan perusahaan seperti melalui magang, penelitian, pengerjaan proyek, dan lainnya. Sebab, dunia kerja saat ini sangat menghargai hubungan dan koneksi.

Untuk menjawab tantangan kenapa fresh graduate susah dapat pekerjaan yang satu ini, sebagai solusi, orang perlu aktif di kegiatan yang memungkinkannya membangun koneksi dengan orang lain semasa perkuliahan. Ini bisa berupa mengikuti organisasi, lomba, atau magang.

Jika sudah telanjur lulus, maka kamu bisa mencoba mengikuti pelatihan, masuk ke dalam komunitas yang sesuai dengan bidangmu, atau mengoptimalkan fungsi media sosial profesional seperti LinkedIn untuk membangun koneksi dengan para profesional di bidangnya.

Tidak punya banyak soft skill

Nyatanya, dunia kerja tidak hanya membutuhkan hard skill, tetapi juga soft skill. Maka, kemampuanmu dalam bidang ilmu tertentu belumlah cukup untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

Sayangnya, kini banyak lulusan baru yang tidak memiliki soft skill seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja sama tim, dan lainnya. Itulah salah satu alasan kenapa fresh graduate susah dapat pekerjaan.

Maka, jangan hanya terfokus pada pencapaian akademismu saja dan mengabaikan pengembangan soft skill di luar itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: