Apa yang Harus Dilakukan Jika Sedang Salat Sunah Tiba-tiba Muazin Iqamah? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Apa yang Harus Dilakukan Jika Sedang Salat Sunah Tiba-tiba Muazin Iqamah? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Sedang Salat Sunah Tiba-tiba Muazin Iqamah-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Apa yang harus dilakukan jika sedang salat sunah tiba-tiba muazin Iqamah yang menandakan salat fardu akan segera dimulai? Begini penjelasan lengkap dan singkatnya dari Ustaz Adi Hidayat.

Dalam sebuah ceramahnya Ustaz Adi Hidayat menjawab pertanyaan dari jamaah yang bertanya bagaimana jika ketika sedang salat sunah, tiba-tiba muazin mengumandangkan iamah. Sedangkan kita belum selesai salat, apakah salat Sunnahnya dilanjutkan atau dibatalkan?

Banyak diantara kita yang pernah mengalami kejadian serupa saat sedang di masjid dan salat sunah ba'diyah tiba-tiba berkumandang iqamah. Hal ini sering membuat bingung mau dilanjutkan salatnya atau baiknya dibatalkan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap dan singkatnya dari Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Inilah 3 Keistimewaan Istighfar, Ustaz Adi Hidayat: Semua Doa yang Disertai Istighfar Akan Cepat Terkabul

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat: Susah Cari Kerja? Ini Solusinya Kata Allah

Ustaz Adi Hidayat memberikan pedoman sesuai dengan kaidah hukum yang ada, yaitu tentang mendahulukan hukum wajib dibandingkan hukum sunah. Dalam hal apapun, ibadah wajib harus lebih diutamakan daripada ibadah sunah.

Jadi berkaitan dengan salat sunah yang sedang kerjakan tiba-tiba muazin Iqamah, maka dahulukan kewajiban untuk menunaikan salat fardu.

Ustaz Adi Hidayat memberikan 2 pilihan ketika menghadapi kejadian tersebut.

1. Jika salat sunahnya belum berjalan setengahnya, maka batalkan salat sunnah dan bersiap untuk melakukan salat fardhu

2. Jika salat sunahnya sudah lebih dari setengahnya atau sudah mendekati akhir salat, maka sempurnakanlah salat sunahnya

Jika kita berada pada posisi pertama yang harus membatalkan salat sunah, Allah akan tetap mencatat pahala salat kita secara penuh meskipun salatnya kita batalkan. Ini berdasarkan hadist nabi bahwa sesuatu yang sudah diniatkan, maka Allah sudah catat pahala untuknya.

BACA JUGA:Kunci Menghadapi Istri yang Suka Marah, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Para Suami untuk Lakukan Ini ke Istrinya

BACA JUGA:Gus Baha Bocorkan Golongan Orang-orang yang Akan Terbebas dari Siksa Api Neraka, Siapa Saja Mereka?

Maka dari itu, Ustaz Adi Hidayat memberikan pilihan terbaik dari yang baik supaya kita ringan dalam menjalankannya dan memudahkan kita untuk memahaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: