Apa yang Harus Dilakukan Jika Sedang Salat Sunah Tiba-tiba Muazin Iqamah? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Apa yang Harus Dilakukan Jika Sedang Salat Sunah Tiba-tiba Muazin Iqamah? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Sedang Salat Sunah Tiba-tiba Muazin Iqamah-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

Ustaz Adi Hidayat menambahkan bahwa Allah akan mencatat amalan kita walaupun itu belum sempurna dilakukan karena kita ada uzur atau halangan yang bisa diterima dengan akal sehat.

Misalnya karena kita sedang sakir atau sedang dalam perjalanan jauh sehingga kita tidak bisa mengerjakan amalan sunah rutin, maka Allah akan tetap hitung pahala amalan sunah rutin kita dengan pahala yang sempurna. Itu karena Allah Maha Tahu bahwa kita meninggalkan amalan bukan karena disengaja akan tetapi karena ada halangan.

Sebagaimana hadist Nabi tentang niat.

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Artinya: 

"Dari Umar radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah,"

(HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits).

Demikianlah penjelasan tentang pedoman bagaiman jika sedang salat sunah tiba-tiba muadzin iqomah.

Jawabannya adalah jika belum setengahnya, maka batalkan salat sunah dan bersiap untuk melaksanakan salat fardhu, Allah tetap mencatatnya sebagai pahala penuh salat sunahnya.

BACA JUGA:Kunci Menghadapi Istri yang Suka Marah, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Para Suami untuk Lakukan Ini ke Istrinya

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Bongkar Rahasia Waktu Berdoa Paling Mustajab, Hanya 15 menit

Jika salat sunahnya sudah melebihi setengahnya atau hampir selesai, maka sempurnakanlah salat sunahnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: