Fresh Graduate Merapat! Kuasai 5 Trik Menulis Deskripsi Diri dalam CV Agar Cepat Dapat Kerja, Seni Memikat HRD

Fresh Graduate Merapat! Kuasai 5 Trik Menulis Deskripsi Diri dalam CV Agar Cepat Dapat Kerja, Seni Memikat HRD

Menulis Deskripsi Diri dalam CV Agar Cepat Dapat Kerja--freepik.com

Penting pula untuk memberikan informasi secara jujur. Sebab, sebaik dan sebagus apa pun deskripsi dirimu, itu tidak akan berarti jika pernyataan di dalamnya merupakan kebohongan. Bahkan, itu bisa menjadi bumerang bagimu di masa mendatang.

Relevan dengan bidang pekerjaan dan posisi yang dilamar

Jangan deskripsikan dirimu di luar konteks posisi yang kamu lamar. Sebab, tentu saja HRD hanya akan peduli dan tertarik pada orang yang memiliki kesesuaian dengan bidang pekerjaan yang mereka tawarkan.

Meski kamu memiliki prestasi yang fantastis dan pengalaman profesional yang banyak, sebaiknya tidak kamu cantumkan jika hal tersebut tidak sesuai dengan pekerjaan tujuanmu.

Dalam menulis deskripsi diri dalam CV agar cepat dapat kerja, yang kamu perlukan adalah keahlian dan pengalaman yang penting dan relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Fokuskan pada keahlian dan pengalaman profesional

Tidak perlu menuliskan hal-hal yang hanya berkaitan dengan kata sifat seperti ambisius, percaya diri, berpikiran terbuka, suka tantangan, dan lainnya, karena hal tersebut justru akan mengalihkan perhatian HRD dari kemampuan inti yang kamu miliki.

Sebaliknya, kamu cukup menceritakan tentang pengalaman profesionalmu seperti pendidikan, keterampilan, pengalaman, prestasi, dan objektifmu dalam melamar pekerjaan ini.

BACA JUGA Anti Nganggur Habis Lulus! Pelajari 5 Strategi Networking untuk Fresh Graduate, Miliki Peluang Kerja yang Luas

Sajikan fakta kuantitatif

Untuk memperkuat pernyataanmu di dalam deskripsi diri, penting pula bagimu untuk mencantumkan fakta berupa angka dalam menulis deskripsi diri dalam CV agar cepat dapat kerja.

Selain untuk memperkuat pernyataan, data angka atau data kuantitatif ini juga akan mempermudah HRD dalam membaca data-datamu.

Deskripsi dirimu juga bisa menjadi lebih menarik serta mendetail dengan menggunakan trik menulis deskripsi diri dalam CV agar cepat dapat kerja ini. 

Kamu bisa mencantumkan nilai akademikmu, berapa lama kamu bekerja di bidang tertentu, atau capaian proyek yang pernah kamu kerjakan.

Cek kembali untuk menanggulangi kesalahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: