Apakah Boleh Pegang Al-Qur'an Tanpa Berwudhu? Begini Penjelasan Gus Baha

Apakah Boleh Pegang Al-Qur'an Tanpa  Berwudhu? Begini Penjelasan Gus Baha

Apakah Boleh Pegang Al-Qur'an Tanpa Berwudhu? Begini Penjelasan Gus Baha -Tangkap layar -LocalScopy Tv

Dengan kata lain maksudnya Alquran ini sudah ada hubungannya dengan kita. Karena di lauhul mahfuz itu nama istilahnya في كنا المكنو ن. "Artinya itu sudah hubungannya dengan kita, sebab yang dilauhul mahfuz itu namanya bukan kitab tanzil tetapi في كنا المكنو ن ," "Dengar ya, jadi kitab di lauhul mahfuz sebutan resminya في كنا المكنون," "Nah itu, benar لَّا يَمَسُّهٗۤ اِلَّا الْمُطَهَّرُوْنَ " Tetapi mengapa kita wudhu?

Kemudian Gus Baha melanjutkan kalau alasan mengapa kita wudhu adalah karena mushaf (Alquran) yang kita pegang sudah hubungannya dengan kita. "Karena mushaf yang kita pegang telah hubungannya dengan kita," "Karena تَنْزِيْلٌ مِّنْ رَّبِّ الْعٰلَمِيْنَ. Itu Alquran di kita ataupun di lauhul mahfuz? Di kita, sebab telah tanzil telah diturunkan," 

Tidak hanya itu, Gus Baha juga menyampaikan kalau malaikat di lauhul mahfuz saat pegang Al-Qur'an saja dalam kondisi suci. Maka bisa disimpulkan itulah alasan kenapa saat pegang Al-Qur'an wajib wudhu terlebih dulu.

BACA JUGA:Kamu Pengguna Paylater? Gus Baha Berikan Penjelasan Hukum Paylater Menurut Islam, Simak Baik-baik!

BACA JUGA:Gus Baha Ijazahkan Amalan yang Bisa Menyelamatkan dari Siksa Kubur dan Menjadi Syafaat di Akhirat

"Karena yang di lauhul mahfuz saja malaikatnya wajib suci untuk memegang yang di lauhul mahfuz, maka kita nginduk syarat itu," "Jika indukannya itu ketentuan wajib suci, maka diturunkannya juga wajib suci, faham ya ?" "Maka kesimpulannya kita memiliki adat ataupun memiliki hukum jika memegang Al-Qur'an wajib wudhu," pungkas Gus Baha.

Demikian penjelasan Gus Baha tentang apakah boleh pegang Al Qur'an tanpa berwudhu, semoga bermanfaat.(*)

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: