Peduli Banjir Demak, UPZ dan Baznas Batang Salurkan Bantuan Total Rp88 Juta

Peduli Banjir Demak, UPZ dan Baznas Batang Salurkan Bantuan Total Rp88 Juta

Peduli Banjir Demak, UPZ dan Baznas Batang Salurkan Bantuan Total Rp88 Juta-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-IST

BATANG, RADAR PEKALONGAN. DISWAY.ID - Peduli Banjir Demak, UPZ dan Baznas BATANG Salurkan Bantuan total Rp88 Juta. Bantuan dari lembaga amil zakat dan organisasi kemasyarakatan di BATANG disalurkan, Kamis 22 Februari 2024. 

BACA JUGA:Astra Motor Jateng Lakukan Donor Darah dan Beri Bantuan untuk Korban Banjir Demak

Bantuan disalurkan dalam bentuk kebutuhan pokok serta pakaian layak pakai, kepada warga terdampak banjir di wilayah Kabupaten Demak dan sekitarnya.

Bantuan ini sudah dihimpun sedari sepekan dan rencananya langsung didistribusikan ke Kantor Kemenag Demak, untuk disalurkan pada daerah-daerah yang terdampak banjir, menggunakan truk Kodim 0736/Batang.

Ketua UPZ Kantor Kemenag Batang Siswoyo mengatakan, hampir seluruh bantuan berwujud barang, karena menyesuaikan kebutuhan warga yang terdampak.

BACA JUGA:Naik Perahu Karet, Pj Gubernur Jateng Pastikan Penanganan Korban dan Tanggul Jebol di Demak

“Karena banjir dua mingguan, otomatis warga di sana kesulitan membeli kebutuhan pokok dan pribadi, makanya kami putuskan memberi bantuan berwujud barang kebutuhan sehari-hari,” katanya saat diwawancarai di sela penyaluran bantuan.

Bantuan yang diberikan sebesar Rp88 juta dari Baznas, UPZ Kemenag, UPZ Pemkab Batang, Lazisnu, Lazismu dan Lazis Tazakka Bandar serta UKM Halal. Bantuan diwujudkan berupa peralatan mandi, beras, makanan ringan, obat-obatan, susu, mi instan dan sembako.

“Sampai sejauh ini hanya bantuan berwujud barang karena bantuan finansial seluruhnya sudah diberikan oleh Baznas Jateng dan pusat. Tapi jika ada warga yang masih ingin membantu bisa disalurkan ke Kemenag Batang Peduli di nomor rekening Bank Jateng 3032 2389 97,” jelasnya.

Bagi warga yang ingin membantu pada pekan depan, akan difokuskan untuk penanganan pasca-bencana di Kecamatan Karanganyar dengan dampak terparah.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Administrasi Umum dan SDM Baznas Batang, Muntoro Abdurrohman menerangkan, bantuan diprioritaskan barang karena saat ini warga terdampak banjir Demak lebih membutuhkan bantuan tersebut. 

“Di antaranya yang paling dibutuhkan yakni obat-obatan dan sembako,” ungkapnya.

Bantuan seluruhnya berasal dari dana zakat, baik dari ASN Kemenag, Pemda maupun masyarakat umum melalui peran lembaga penyalur zakat setempat. (Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan