Harga Beras Mahal, Emak-emak di Kabupaten Pekalongan Rela Berdesak-desakan di Pasar Murah Beras

Harga Beras Mahal, Emak-emak di Kabupaten Pekalongan Rela Berdesak-desakan di Pasar Murah Beras

Emak-emak di Kabupaten Pekalongan rela antre dan berdesak-desakan untuk membeli beras murah di pasar murah di Pasar Kajen.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Harga beras mahal hingga tembus Rp 17 ribu perkilo, emak-emak di Kabupaten Pekalongan rela antre dan berdesak-desakan untuk membeli beras murah di pasar murah yang diselenggarakan Pemkab Pekalongan.

Okta (28), warga Kajen, Kabupaten Pekalongan mengaku senang dengan adanya gerakan pasar murah di Pasar Kajen. Sebab ia sebelumnya membeli beras dengan harga cukup tinggi, yaitu Rp 17 ribu perkilogram. 

"Setelah mengantre 1,5 jam dan desak-desakan, akhirnya bisa mendapatkan beras berat 5 kilo dengan harga Rp 52 ribu," kata dia, saat pasar murah di Pasar Kajen, Kamis, 22 Februari 2024.

Menurutnya, dengan membayar Rp 52 ribu bisa mendapatkan beras 5 kilo dinilainya sangat murah, karena di pasaran beras dengan kategori yang sama dijual hingga Rp 70 ribu per 5 kilo.

Baca juga:Harga Cabai, Beras dan Telur di Kabupaten Pekalongan Naik Usai Pemilu 2024

Dalam menekan harga beras di pasaran, Pemkab Pekalongan menggelar gerakan pasar murah di beberapa titik di Kabupaten Pekalongan. Pasar murah telah dilakukan di halaman Pasar Induk Kajen, Kamis, 22 Februari 2024, dan di Terminal Kajen, Jumat, 23 Februari 2024.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pekalongan menyediakan sebanyak 500 paket beras, dengan berat masing-masing 5 kilo. Untuk harga jauh lebih murah, yaitu Rp 52 ribu per paketnya itu.

Antrean panjang didominasi kaum ibu-ibu atau emak-emak. Kegiatan pasar murah ini berlangsung sekitar 1,5 jam, namun saking membludaknya peminatnya, masih banyak masyarakat yang tidak kebagian paket beras murah tersebut.

Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Pekalongan, Siti Hanikatun mengatakan, gerakan pasar murah ini dilakukan sebagai tindak lanjut adanya kenaikan harga beras. Apalagi menjelang puasa ini, pasti ada kenaikan harga beras yang melonjak terus.

Baca lagi:Beras Makin Mahal Pasca Pemilu, Pemkab Batang Bakal Suplai Beras SPHP Rp11 Ribu ke Pasar-pasar

"Guna menekan harga beras saat ini, atas instruksi dari Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, digelar gerakan pasar murah yang rencana akan dilaksanakan pada 11 titik, mulainya hari ini sampai nanti menjelang lebaran," kata Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Pekalongan, Siti Hanikatun.

Dijelaskan, TPID Kabupaten Pekalongan kedepan akan menggelar gerakan pasar murah ini setiap minggunya. Akan tetapi untuk tempat berbeda-beda. 

"Untuk hari ini di Pasar Kajen ada 500 paket beras dan besok kita lanjutkan lagi di Terminal Kajen. Kalau hari ini hanya beras, maka besok paket ada minyak, beras dan gula," jelasnya.

Hani menambahkan, dengan antusias masyarakat cukup tinggi hinga terjadi antrean, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Bulog supaya ada penambahan stok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: