9 Gejala Penyakit Ginjal Pada Tahap Awal yang Harus Kamu Perhatikan, Mungkin Pernah Menyerangmu

9 Gejala Penyakit Ginjal Pada Tahap Awal yang Harus Kamu Perhatikan, Mungkin Pernah Menyerangmu

gejala penyakit ginjal pada tahap awal --Youtube.com/Sehat Secara Alami

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini gejala penyakit ginjal pada tahap awal yang harus kamu perhatikan.

Ginjal memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan fungsi tubuh. Ketika fungsi ginjal terganggu, dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Penyakit ginjal, yang berkembang menjadi gagal ginjal, sangat sulit diobati. Oleh karena itu, mengetahui gejala penyakit ginjal sejak dini sangat penting untuk memastikan pengobatan yang efektif.

Pengobatan penyakit ginjal sedini mungkin dapat berdampak signifikan terhadap kesembuhan pasien. Langkah ini hanya mungkin dilakukan jika gejalanya dikenali pada tahap awal.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui dan mewaspadai gejala awal penyakit ginjal. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang tidak boleh diabaikan.

Penyebab Penyakit Ginjal 

Timbulnya penyakit ginjal dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti penyakit tertentu seperti hipertensi dan diabetes, penggunaan minuman beracun, faktor usia. Berikut penjelasannya masing-masing.

Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Ini adalah suatu kondisi di mana tekanan di dalam arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh meningkat.

Hipertensi dapat menyebabkan kerusakan ginjal karena ginjal sendiri berperan dalam mengontrol jumlah cairan dalam pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah.

Diabetes

Penderita diabetes dipercaya memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal. Karena diabetes dapat merusak sistem penyaringan di ginjal.

Kadar gula darah yang tinggi juga menyebabkan ginjal menyaring darah secara intensif.

Faktor usia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: