Bagaimana Hukum Praktik Dukun Penggandaan Uang dalam Islam? Ini Dalilnya

Bagaimana Hukum Praktik Dukun Penggandaan Uang dalam Islam? Ini Dalilnya

Banyak dukun penggandaan uang masuk penjara. Inilah BB dukun yang dimankan Polres Pekalongan.-Hadi Waluyo-

2. Wajib mendustakan dukun

Tak boleh ada keraguan sedikit pun bagi setiap muslim untuk mendustakan ucapan dukun. Barangsiapa yang membenarkannya, atau ragu tentang kedustaannya, atau tidak membenarkan dan juga tidak mendustakan, maka dia telah kufur dengan apa yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. 

3. Haram mendatangi dukun 

Hukum mendatangi dukun jelas haram. Ancamannya tegas, shalatnya selama empat puluh hari tidak akan diterima jika seorang muslim mendatangi dukun, meskipun ia tak mempercayai ucapan dukun tersebut. 

Baca juga:6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Sesuai Sunnah

4. Jangan membenarkan berita dari dukun

Itu bisa dianggap kufur terhadap apa yang Allah Ta’ala turunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Yang dimaksud adalah kufur terhadap Alquran dan hadits. 

5. Penguasa wajib memberi hukuman kepada dukun dan orang yang mendatanginya 

Ketegasan dari penguasa penting untuk menjaga kaum muslimin dari kejelekan mereka dan menjaga masyarakat dari berbagai kerusakan yang ditimbulkannya. Kerusakan di masyarakat yang diakibatkan karena perdukunan sangat parah karena merusak akidah tauhid. 

Selain dua hadits di atas, beberapa hadist yang menyebutkan larangan seluruh praktik perdukunan, antara lain: "Dari Abi Mas’ud al-Anshari bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melarang untuk memakan hasil dari penjualan anjing, prostitusi, dan upah dukun." (HR Bukhari).

Dalil lainnya, hadist dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Jauhilah oleh kamu sekalian tujuh hal yang membinasakan. ”Para sahabat bertanya: “Apakah itu wahai Rasulullah?” Rasulullah bersabda: “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh orang yang diharamkan oleh Allah kecuali karena alasan yang dibenarkan, memakan harta anak yatim, memakan riba, lari dari medan perang, serta menuduh wanita baik-baik melakukan zina.” (HR Bukhari, Muslim, Nasa’i dan Abu Dawud).

Baca juga:10 Amalan Pembuka Rezeki Menurut Alquran dan Hadist, Jalankan agar Rezeki Datang dari Arah Tak Disangka

Faktor Orang Terjebak Perdukunan dan Dampaknya

Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ruslan Fariadi menyebutkan, terjebaknya sebagian orang dalam dunia perdukunan disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain lemahnya iman, ketidaktahuan terhadap ajaran agama, tidak sabar dalam melakukan ikhtiar, dan korban iklan dan penipuan para dukun dengan berbagai trik dan tipu muslihatnya. Bahkan, salah satu caranya dengan membungkus praktik perdukunan dengan simbol-simbol agama dan lainnya. 

Dampak yang dapat ditimbulkan oleh perdukunan, antara lain pelaku dan orang yang meminta jasa perdukunan telah melakukan dosa besar berupa kesyirikan, perdukunan merupakan salah satu dari tujuh hal yang membinasakan, dan perdukunan adalah salah satu bentuk kedurhakaan, karena telah melakukan larangan Allah dan Rasul-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: