Cegah Kasus DBD, Dinkes Kabupaten Pekalongan Ajak Warga Giatkan Pembersihan Sarang Nyamuk

Cegah Kasus DBD, Dinkes Kabupaten Pekalongan Ajak Warga Giatkan Pembersihan Sarang Nyamuk

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Cegah Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan ajak warga tingkatkan pola hidup sehat dengan giatkan pembersihan sarang nyamuk (PSN), Hal tersebut disampaikan Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro, SKM, MKes.

Memasuki musim pancaroba dan intensitas hujan yang mulai tinggi, warga Kabupaten Pekalongan diminta waspada terhadap bahaya penyakit demam berdarah meskipun kasusnya menurun dibandingkan dengan periode bulan Januari - Februari tahun 2023 yaitu total 324 paling banyak di bulan akhir bulan Juni, Juli dan Agustus.

Disampaikan Wawan, Kegiatan Fogging ini dilakukan karena adanya 23 Kasus Demam Berdarah di Kabupaten Pekalongan periode bulan Januari - Februari 2024 ini.

“Fogging ini adalah senjata terakhir, Yang perlu ditekankan disini adalah melakukan pembersihan sarang nyamuk dengan Pembersihan Sarang Nyamuk (PSN), PSN ini adalah senjata pamungkas karena nyamuk - nyamuk yang kecil-kecil belum bisa terbang dan telur nyamuk bisa di berantas," terang Wawan.

Selain melaksanakan PSN, pihaknya juga mengimbau warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. 

“Terutama bersihkan bak air di kamar mandi, jangan menimbun barang bekas atau sampah plastik maupun kaleng yang dapat menampung air hujan, sehingga tidak dapat digunakan untuk sarang nyamuk,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: