PKK Kabupaten Pekalongan Sosialisasikan Gerlap Anting, Inovasi Untuk Tekan Stunting

PKK Kabupaten Pekalongan Sosialisasikan Gerlap Anting, Inovasi Untuk Tekan Stunting

TP PKK Kabupaten Pekalongan sosialisasikan inovasi gerakan penanggulangan dan cegah stunting (Gerlap Anting).-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - TP PKK Kabupaten Pekalongan sosialisasikan inovasi gerakan penanggulangan dan cegah stunting (Gerlap Anting). Yakni inovasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan untuk menekan stunting di Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan sosialisasi inovasi Gerlap Anting ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan bersama TP PKK Kabupaten Pekalongan. Sosialisasi diikuti seluruh TP PKK kecamatan dan desa/kelurahan se-Kabupaten Pekalongan. Acara dilaksanakan di Aula RSUD Kesesi Rabu, 21 Februari 2024.

Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Widi Riswadi, dalam sambutannya, mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, kondisi angka stunting di Kabupaten Pekalongan sudah mengalami penurunan cukup signifikan. 

Disebutkan, untuk tahun 2023 prosentase angka stunting berada di angka 9,35 persen. Sementara pada tahun 2022 masih di angka 11,04 persen.

Baca juga:Stunting di Kabupaten Pekalongan Versi Data SSGI Naik 4 Persen, Wartawan Diajak Ikut Turunkan Angka Stunting

"Penurunan angka stunting tersebut merupakan hasil dari upaya kita bersama yang ke depan masih membutuhkan kerja keras dan kerjasama semua pihak," katanya. 

Sosialisasi tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan sebagai leading sektornya. Bermitra dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan. 

"Diperlukan upaya bersama untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045 agar mencapai target yang telah ditetapkan," tandas dia.

Menurutnya, peran pendamping keluarga balita stunting dalam mengawal percepatan penurunan stunting sangat besar. Yang perlu menjadi perhatian saat ini adalah menghadapi masalah gizi masyarakat, terutama pada bayi dan anak. 

Baca lagi:TP PKK Kabupaten Pekalongan Adakan Lomba Paduan Suara

"Maksud dari kegiatan ini adalah upaya penurunan dan pencegahan masalah gizi di Kabupaten Pekalongan dalam bentuk beberapa kegiatan baik bersifat lintas program, lintas sektoral, maupun pemberdayaan masyarakat," katanya. 

Ia berharap, pengurus PKK bisa mengikuti sosialisasi itu dengan santai tapi tetap fokus dan semangat. 

"Jangan segan-segan untuk bertanya. Manfaatkan kegiatan ini dengan baik sehingga setelah selesainya kegiatan ini, ibu-ibu dapat mensosialisasikan secara berjenjang dan bisa menerapkannya pada kehidupan sehari-hari," katanya.

Sosialisasi inovasi Gerlap Anting ini diisi dengan menghadirkan pakar dari Dinas Kesehatan, yaitu dr Ratna Susanti dan dr M Rizal Sp.A dari spesialis anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: